alexametrics
31C
Probolinggo
Friday, 22 January 2021

Perbaikan Pasar Condong Diusulkan Rp 1 Miliar

GADING, Radar Bromo – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Probolinggo telah memastikan untuk memperbaiki Pasar Condong, Kecamatan Gading, tahun ini. Anggaran perbaikan pasar rakyat ini diusulkan Rp 1 miliar dari dana alokasi khusus (DAK).

Sejatinya, Disperindag merencanakan pasar ini bisa diperbaiki tahun kemarin. Namun karena adanya pandemi Covid-19, rencana itu diurungkan. Alasannya, anggarannya dialihkan untuk penanganan korona.

Plt Kepala Disperindag Kabupaten Probolinggo Taufiq Alami mengatakan, perbaikan pasar itu bertujuan memberikan kenyamanan bagi pedagang dan pembeli. Katanya, perbaikannya tidak akan jauh berbeda dengan perbaikan yang telah dilakukan di Pasar Patalan.

“Dalam proses pengajuan dananya, konsep revitalisasinya akan dilakukan pada bedak los seperti yang dilakukan di Pasar Patalan, Wonomerto. Intinya, konsepnya tidak akan jauh beda,” ujarnya.

Besaran anggaran rencana revitalisasi ini diajukan Rp 1 miliar. Duit ini bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU). “Karena kami masih dalam proses pengajuan, dana itu masih belum dapat dipastikan. Jadi, masih ada kemungkinan dananya akan berkurang dan juga bisa lebih,” ujarnya.

Taufiq mengatakan, perbaikan pasar ini direncakan akan mulai digarap pada triwulan ketiga tahun ini. Sehingga, tidak mengganggu aktivitas pasar pada saat Ramandan ataupun menjelang Hari Raya Idul Fitri.

“Karena kalau Ramandan kan biasanya pedagang sangat berharap dagangannya lancar agar bisa dijadikan persiapan Lebaran. Jadi, pengerjaannya setelah itu atau pada triwulan ketiga,” ujarnya.

Taufiq berharap dengan adanya revitalisasi, para pedagang dapat lebih menjaga kebersihan pasar. Sebab, hal itu nantinya akan berdampak pada pedagangnya sendiri. “Kalau bedak-nya bersih, tentunya pembeli tidak akan risih untuk datang. Kebersihan juga perlu ditingkatkan terlebih setelah direhab,” ujarnya. (mu/rud/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU