alexametrics
29C
Probolinggo
Friday, 22 January 2021

Perawatan Stadion Gelora Merdeka Kraksaan Turun Jadi Rp 300 Juta

KRAKSAAN,Radar Bromo – Stadion Gelora Merdeka Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, masih butuh perhatian serius. Sebab, sejauh ini masih banyak fasilitas yang perlu diperbaiki dan terus dirawat. Namun, tahun ini anggaran perawatan stadion kebanggaan warga Kraksaan ini minim. Hanya Rp 300 juta.

Jatah anggaran pemeliharaan stadion ini turun drastis dibanding dengan jatah tahun lalu yang mencapai Rp 800 juta. Namun, anggaran itu tidak sempat dimanfaatkan dan kemudian terdampak refocusing anggaran untuk percepatan penanganan pandemi Covid-19.

“Tahun ini kami dapat anggaran Rp 300 juta untuk pemeliharaan stadion,” ujar Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Probolinggo Teguh Kawi Andoko.

Menurutnya, anggaran itu akan digunakan untuk pemeliharaan rumput yang saat ini tidak terawat. Kualitas rumput stadion sangat tidak layak untuk dijadikan tempat berlatih. Sehingga, perlu pemeliharaan secara berkala. Rumput yang tumbuh tinggi membuat pemain tidak nyaman saat berada di lapangan.

“Namanya juga stadion identik dengan perawatan rumput. Terlihat sepele, namun jika rutin dilakukan biaya yang dikeluarkan juga banyak,” ujarnya.

Tidak hanya itu, ada sejumlah sarana prasarana lain yang juga perlu dirawat. Seperti, pengecatan tribun penonton dan pembersihan fasilitas lain yang kotor. Upaya ini dilakukan agar stadion menjadi lebih menarik dan siap digunakan untuk berlatih tanding.

“Tahun lalu tidak ada anggaran pemeliharaan, jadi siapa yang ingin memakainya harus bersih-bersih dulu. Utamanya memotong rumput lapangan karena tinggi dan tidak terawat,” tuturnya.

Disinggung terkait pembangunan fasilitas stadion untuk persiapan Porprov 2024, Teguh mengaku masih terus mematangkan rencana dan berkoordinasi dengan Kemenpora. Sebab, perbaikan dan upaya menambah fasilitas stadion butuh anggaran yang cukup besar.

“Untung sudah dapat anggaran pemeliharaan. Stadion bisa lebih layak dan nyaman saat digunakan. Pembangunan fasilitas masih kami bicarakan lebih lanjut,” ujar Teguh. (ar/rud/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU