alexametrics
31C
Probolinggo
Thursday, 28 January 2021

Dana Pemeliharaan Jalan Kab Probolinggo Dikhawatirkan Kena Refocusing

KRAKSAAN,Radar Bromo – Pemeliharaan jalan yang direncanakan dilaksanakan tahun ini oleh Dinas PUPR Kabupaten Probolinggo, belum ada kejelasan. Bahkan, anggarannya juga belum jelas. Hal ini tak terlepas dari adanya instruksi Pemerintah Pusat yang mengharuskan melakukan penghematan anggaran.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Pengelola Jalan dan Sumber Daya Air Dinas PUPR Kabupaten Probolinggo Ria Lutvi Diarini mengatakan, sejauh ini belum ada pengerjaan perbaikan jalan. Ia menduga instruksi penghematan anggaran akan berdampak pada adanya rencana refocusing anggaran pada bulan depan.

“Anggarannya sudah ditentukan, namun pelaksanaannya belum boleh dilajutkan lantaran ada rencana instruksi dari Pemerintah Pusat, sehingga mungkin Februari ini akan ada refocusing anggaran kembali. Jadi, kami belum bisa melakukan kegiatan apapun,” ujarnya, Rabu (13/1).

Meski telah ditetapkan, Ria mengatakan, anggaran pemeliharaan jalan ini belum pasti. Namun, yang jelas anggaran tahun ini meningkat dibandingkan tahun lalu yang mencapai Rp 1,5 miliar.

“Namun begitu, ini masih abu-abu. Nanti takutnya masih ada refocusing. Jadi, anggarannya nanti bisa menurun dan lebih rendah dari tahun lalu,” ujarnya.

Di samping itu, Ria mengatakan, sama seperti tahun lalu, pemeliharaan ini akan dilakukan di tujuh lokasi. “Sama seperti tahun lalu, masih di tujuh korwil. Hanya saja memang tidak dilakukan pada Januari ini,” ujarnya.

Pihaknya berharap anggarannya tidak berubah. Sebab, pemeliharaan jalan sangat penting demi keselamatan para pengendara. “Semoga tidak ada refocusing. Sebab, ini kan untuk keselamatan para pengendara. Pemeliharaan ini dilakukan untuk memperbaiki jalan,” ujar Ria. (mu/rud/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU