alexametrics
28C
Probolinggo
Saturday, 16 January 2021

Banyak Endapan-Rawan Banjir, PUPR Normalisasi Sungai Klaseman

GENDING,Radar Bromo – Endapan lumpur di Sungai Klaseman, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo, patut menjadi perhatian. Terlebih dengan semakin seringnya hujan lebat. Kemarin, endapan lumpur itu mulai dikeruk untuk melancarkan aliran sungai.

Kepala UPT Pemeliharaan Jalan dan Sumber Daya Air Dinas PUPR Kabupaten Probolinggo Ria Lutvi Diarini mengatakan, upaya ini dilakukan karena di sungai banyak endapan. Sedimentasi lumpur mengakibatkan sungai tidak dapat menampung debit air secara maksimal. Sehingga, berpotensi menyebabkan banjir yang akan meluber ke daerah sekitar sungai.

“Normalisasi dilakukan setelah proses pemetaan wilayah aliran sungai. Diketahui Sungai Klaseman, ada pendangkalan, jadi perlu dinormalkan kembali,” ujarnya.

Normalisasi dilakukan secara manual oleh koordinator wilayah yang melibatkan petugas pintu air. Lumpur yang menjadi penyebab pendangkalan dikeruk sampai dasar sungai. Beberapa titik pendangkalan dinormalkan sampai aliran sungai lancar. Selain normalisasi, sampah di sekitar aliran sungai yang berpotensi menyebabkan sumbatan turut dibersihkan.

“Di Klaseman, itu fokus normalisasi manual sekitar jembatan. Sebab, pusat pendangkalan dan sampah ada di sana. Petugas lapangan juga menyisir wilayah lain yang ditemukan endapan dan sampah, namun volumenya tidak banyak,” jelasnya.

Ria mengatakan, pemetaan potensi pendangkalan dan tumpukan sampah rutin dilakukan oleh tujuh koordinator wilayah. Upaya ini lebih diintensifkan saat musim hujan dan musim tanam tiba. Gangguan aliran tidak hanya mengakibatkan banjir genangan akibat sungai meluber, namun juga berdampak terhadap irigasi yang nantinya akan mempengaruhi kualitas dan kuantitas hasil panen.

“Fungsi sungai tidak hanya untuk mitigasi risiko bencana banjir, tapi juga sebagai irigasi sektor pertanian. Ini harus tercukupi,” ujarnya. (ar/rud/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU