Sudah Rampung Digarap, 4 Pasar di Kab Probolinggo Belum Ditempati

KRAKSAAN, Radar Bromo – Revitalisasi empat pasar di Kabupaten Probolinggo telah rampung sejak Desember 2019. Namun, sampai kemarin empat pasar daerah itu belum juga ditempati. Alasannya, masih menunggu peresmian yang akan dilakukan oleh Bupati Probolinggo.

Empat pasar daerah itu adalah Pasar Besuk di Kecamatan Besuk; Pasar Lumbang, Kecamatan Lumbang; Pasar Bucor, Kecamatan Pakuniran; dan Pasar Paiton, Kecamatan Paiton. Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Probolinggo menyebutkan, kini empat pasar yang baru rampung dibangun itu masih dalam masa percobaan dan perawatan.

Kabid Pasar Disperindag Kabupaten Probolinggo Andi Wiroso mengatakan, masa percobaan dan perawatan masih menjadi tanggung jawab kontraktor atau pelaksana proyek. Sehingga, bila ada kerusakan masih dalam tanggung jawab kontraktor.

“Belum ditempatinya pasar itu masih menunggu peresmian yang akan dilakukan pemerintah daerah. “Pengerjaan semuanya sudah selesai. Namun, masih menunggu peresmian oleh Bupati untuk masalah akan ditempati. Untuk waktunya, belum diputuskan kapan,” ujarnya, Senin (13/1).

Di sisi lain, salah seorang penjual baju yang memiliki kios di Pasar Besuk M. Slamet mengatakan, Pasar Besuk yang baru selesai dibangun belum ditempati. Karenanya, banyak pedagang yang membuka lapak di luas pasar.

“Kalau saya memang sudah biasa menjual barang di luar. Sebab, tempat yang saya pakai lapak los, bukan lapak sewaan. Karena pasar masih belum ditempati, pemilik lapak sewaan ada juga yang buka tempat seperti saya,” ujarnya.

Empat pasar yang rampung digarap sejak Desember 2019 itu telah rampung digarap. Total menelan anggaran Rp 8.349.827.553,51 dan berasal dari tiga sumber. Meliputi dari dana alokasi khusus, dana alokasi umum, dan bersumber dari tugas pembantuan Pemerintah Pusat. (mg1/rud/fun)