alexametrics
25C
Probolinggo
Sunday, 17 January 2021

Waspadai 3 Jenis Banjir Ini Selama Musim Hujan

KRAKSAAN, Radar Bromo – Musim hujan yang berlangsung sampai saat ini, masih menimbulkan potensi bencana. Di antaranya banjir yang kerap melanda Kabupaten Probolinggo, yang harus diwaspadai di beberapa wilayah langganan banjir dengan berbagai jenisnya.

Anggota Pusdalops-PB Badan Penanggulangan Bencana Kabu Paten Probolinggo, Silvia Verdiana mengatakan, beberapa jenis banjir rentan terjadi di beberapa darah. Bencana banjir itu di antaranya genangan yang biasa terjadi di Kecamatan Tongas, Dringu, Gending; banjir rob di daerah Pantura, tepatnya pesisir Utara pantai Probolinggo seperti Kraksan, Pajaran dan Paiton; hingga banjir bandang, di Kecamatan Dringu, Gending, Kraksaan, Krejengan, Pakuniran.

“Tiap daerah jenis banjirnya berbeda. Ada yang banjir bandang, genangan dan banjir rob,” ujarya, Selasa (12/1).

Ia mengatakan faktor penyebab banjir juga beragam. Ada yang disebabkan peningkatan curah hujan di bagian hulu dan sedimentasi yang menyebabkan saat hujan mengguyur dengan intensitas tinggi hingga sungai meluap. Selain itu kondisi drainase yang buruk. “Faktornya juga beragam, juga bisa karena adanya korosi pada dinding drainase,” ujarnya.

Atas adanya wilayah dengan jenis banjir yang beda, kata Silvi, hal harus diperhatikan mulai menjaga kebersihan lingkungan, menjaga saluran drainase. Tidak kalah penting adalah kelestarian lingkungan.

“Kelestarian lingkungan sangat berperan penting agar daya serap air bisa bagus. Sehingga saat dari hulu air air yang turun, tidak cepat. Untuk curah hujan sendiri saat ini ada pada rendah sampai sedang. Belakangan memang sempat tinggi, namun tidak sampai berhari-hari,” ujarnya. (mu/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU