alexametrics
25C
Probolinggo
Friday, 22 January 2021

Proyek Pasar Patalan Tunggu Pemasangan Sekat-Listrik

WONOMERTO, Radar Bromo – Revitalisasi Pasar Patalan, Kecamatan Wonomerto, Kabupaten Probolinggo, terus dikebut. Sejauh ini, proyek senilai Rp 1,1 miliar ini hampir rampung. Kini, hanya tersisa instalasi listrik dan pembuatan bedak semi permanen.

Plt Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Probolinggo Taufiq Alami mengatakan, pembangunan Pasar Patalan, bisa dikatakan sudah rampung. Saat ini hanya menunggu instalasi listrik. “Tinggal pasang listrik,” ujarnya.

Menurutnya, sejauh ini belum ada bedak di los yang sudah dibangun. Sebab, pihaknya hanya memfasilitasi pembangunan los. “Karena bukan untuk bedak permanen. Sekat pembatas ada ketentuannya agar tidak kumuh,” ujarnya.

Pembuatan bedak semi permanen ini akan dilakukan secara serentak. Biayanya akan dibebankan kepada para pedagang pemilik bedak. “Rencananya untuk sekat dikoordinir oleh koordinator pasar bersama paguyuban pasar agar tertib serta sesuai ukuran dan ketentuan,” jelasnya.

Mantan Camat Wonomerto, ini mengatakan, los ini dibangun untuk menampung pedagang yang di luar pasar. Agar tertib dan tidak menganggu arus lalu lintas. “Khususnya, pedagang sayur. Sekali lagi bukan sekat permanen. Eksekusi menunggu tahap finishing pada akhir Desember,” ujarnya.

Sebelumnya, Disperindag Kabupaten Probolinggo, mempunyai anggaran perbaikan pasar sekitar Rp 4 miliar. Namun, sebagian besar terdampak refocusing anggaran untuk percepatan penanganan Covid-19. Sehingga, hanya tersisa Rp 1,1 Miliar. “Kami menggunakannya untuk merehab Pasar Patalan,” tuturnya.

Perbaikan pasar ini dimulai sejak sekitar dua pekan lalu. Targetnya selesai dalam waktu 100 hari. Meski direhab, sekitar 70 pedagang tetap berjualan di tempat relokasi ke bagian lain pasar.

“Kalau sesuai kontrak pengerjaan, harus selesai dalam waktu 100 hari. Jadi, harus selesai sebelum akhir tahun ini. Pedagang selama pembangunan belum rampung direlokasi sementara agar tetap bisa berjualan,” ujar Taufiq. (sid/rud)

MOST READ

BERITA TERBARU