alexametrics
26.3 C
Probolinggo
Friday, 30 October 2020

Aliran Listrik di Karanganyar Bantaran Sering Padam-Voltase Tak Stabil

BANTARAN, Radar Bromo – Hampir sepekan jaringan listrik di Desa Karanganyar, Kecamatan Bantaran, Kabupaten Probolinggo, terganggu. Aliran listrik di desa setempat sering padam dan tegangan voltase tidak stabil. Kondisi itu sangat mengganggu aktivitas warga dan tidak sedikit alat elektronik milik warga yang rusak.

Tidak hanya itu, jaringan listrik yang sering padam sangat mengganggu kegiatan pendidikan bagi siswa yang belajar di rumah. Sebab, dampak aliran listrik yang padam membuat jaringan internet lemot ataupun error. Sehingga, siswa SD maupun SMP yang belajar di rumah via online harus terhenti atau tidak bisa berjalan maksimal.

Kepala Desa Karanganyar Jaka Maradian saat dikonfirmasi mengatakan, gangguan aliran listrik yang sering padam itu sudah terjadi 5 hari terakhir. Tidak hanya sering padam, voltase tegangan listrik juga tidak stabil. Tentu kondisi itu sangat mengganggu dan merugikan warganya. Terutama warga yang memiliki usaha dengan mengandalkan aliran listrik.

“Alat elektronik juga mudah rusak karena voltase tegangan listrik tidak stabil. Seperti kulkas milik saya d irumah mengalami kerusakan karena voltase tegangan listrik tidak stabil,” katanya pada Jawa Pos Radar Bromo kemarin.

Jaka mengungkapkan, gangguan jaringan listrik yang terjdi di desanya ditengarai karena kondisi kabel utama di tiang listrik utara balai desa sudah tidak layak. Ada yang menyebutkan kondisi kabel utama tiang listrik sudah banyak yang sobek.

Pihaknya sampai saat ini tidak membuat laporan secara resmi karena beberapa kali sudah ada petugas yang memperbaiki jaringan listrik. Tentunya kondisi kabel yang diperkirakan tidak layak sudah diketahui oleh petugas dan diharapkan untuk segera diperbaiki total. Tetapi, sampai saat ini ini jaringan listrik masih sering padam dan voltase tegangan listrik tidak stabil.

“Kalau di desa saya yang mengalami gangguan jaringan listrik hampir semuanya sekitar 600 KK. Tapi, biasanya jika listrik padam di desa kami, maka di desa atas seperti Jatisari sampai ke Sumber itu juga padam,” ungkapnya.

Sementara itu, Manajer PLN Probolinggo Gery saat dikonfirmasi mengatakan, gangguan listrik yang padam ada sejumlah titik tiang yang bermasalah dan roboh. Pihaknya masih melakukan perbaikan dan diperkirakan tidak lama listrik sudah kembali normal.

Namun, untuk gangguan voltase tegangan listrik tidak stabil sampai saat ini belum ada laporan. Untuk itu pihaknya meminta pada warga yang mengalami gangguan voltase tegangan listrik tidak stabil agar melapor ke PLN.

“Kami tidak bisa tahu titik koordinat gangguan voltase tegangan listrik yang tidak stabil itu jika tidak ada laporan. Untuk itu, gangguan voltase tidak stabil bisa dilaporkan ke 123 dan petugas akan turun ke titik koordinat laporan,” katanya. (mas/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Pengedar Sabu asal Nguling Dibekuk di Lumbang Probolinggo

Johan, 32, warga Desa Sanganom, Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan, diciduk Satreskoba Polres Probolinggo.

Berangkat Kerja, Warga Sumberdawesari Grati Tewas Tertabrak Truk

Korban diduga hendak mendahului kendaraan yang di depannya dari sisi kanan, bersamaan itu, ada truk kontainer yang melaju dari arah berlawanan.

CBR Tabrak Pejalan Kaki di Pandaan, Dua Korban Terluka

Dalam kejadian laka lantas ini, posisi pengendara motornya berada di pihak yang kurang menguntungkan.

Ada Gangguan di Ruang Penggilingan Batu Bara, PJB Unit 9 Terbakar

Pemulihan peralatan-peralatan yang rusak yang akan membutuhkan waktu perbaikan selama 3-5 hari.

Angkut 4.840 Liter Solar, Kapal Terbakar di Gili Ketapang  

Saat pemindahan solar menggunakan mesin pompa, diduga mengalami kebocoran selang.