374 Peserta CPNS Kab Probolinggo Dinyatakan Gugur

DEMI MASA DEPAN: Seorang pelamar CPNS di lingkungan Pemkab Probolinggo menghadiri tes kompetensi dasar dengan membawa tabung oksigen. Total, ada 374 pelamar yang tidak mengikuti tes kompetensi dasar. (Kominfo Pemkab Probolinggo for Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

KRAKSAAN, Radar Bromo – Sejumlah 374 pendaftar calon pegawai negeri sipil (CPNS) di lingkungan Pemkab Probolinggo, dinyatakan gagal. Sebab, mereka tidak hadir untuk mengikuti tes kompetensi dasar yang digelar selama delapan hari mulai Sabtu-Sabtu (1-8/2).

Kepala Dinas Komunikasi Informatika, Statistik, dan Persandian (Kominfo) Kabupaten Probolinggo Yulius Cristian mengatakan, tes kompetensi dasar usai digelar. Dari 5.808 pendaftar yang lulus seleksi administrasi, sekitar 374 di antaranya dipastikan gagal. Sebab, mereka tidak mengikuti tes kompetensi dasar. “Yang sudah pasti tidak lolos ada 374 pendaftar. Mereka akumulasi dari hari pertama hingga ke delapan,” ujarnya.

Yulius menjelaskan, setiap hari dalam pelaksanaan tes kompetensi dasar jumlah peserta yang tidak hadir berbeda-beda. Pada hari pertama ada 28 orang, kedua 52 orang, ketiga 76 orang, keempat 45 orang, kelima 36 orang, hari keenam 24 orang, hari ketujuh 52 orang, dan hari terakhir ada 61 orang.

Mereka bukan peserta yang tidak hadir karena menggunakan nilai tes kompetensi dasar pada rekrutmen CPNS sebelumnya. Mereka tidak hadir karena memang tidak ada alasan, sehingga dipastikan tidak lolos dan tidak bisa ikut tahapan berikutnya. “Mereka sudah pasti tidak lolos karena mereka tidak ikut seleksi,” ujarnya.

Yang tidak lolos tes kompetensi dasar dipastikan melebihi angka tersebut. Sebab, dalam pelaksanaan tes kompetensi dasar meski hadir dan nilainya tidak lolos passing grade, maka dinyatakan pula tidak lolos. Namun, angka pasti yang tidak lolos, Yulius mengaku belum bisa memastikan.

“Untuk yang lolos-tidaknya, sebenarnya sudah bisa dilihat sendiri oleh peserta. Kami tidak bisa memastikan, karena nanti itu ranah BKN. Dan, yang lolos nanti dapat undangan untuk mengikuti seleksi berikutnya,” ujar mantan Camat Sukapura itu.

Seleksi berikutnya yang dimaksud adalah seleksi kompetensi bidang. Untuk seleksi ini akan dilakukan bulan depan, antara pertengahan atau akhir bulan. (sid/rud)