Catat 70 Insiden Kebakaran di Kab Probolinggo selama 2019

KRAKSAAN, Radar Bromo – Sepanjang 2019, di Kabupaten Probolinggo terjadi sekitar 70 kejadian kebakaran. Paling banyak kebakaran disebabkan korsleting listrik.

Kasi Pemadam Kebakaran (Damkar) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) setempat Su’ud menyebutkan, dari puluhan kejadian itu, ada dua variabel penyebab kebakaran paling banyak. Selain korsleting, penyebab kedua terbanyak karena faktor kelalaian manusia.

Menurutnya, pada 2019 lalu itu kejadian kebakaran juga disebabkan oleh cuaca panas yang ekstrem. Sehingga, bukan hanya rumah atau bangunan saja yang terbakar. Melainkan ada kebakaran hutan.

“Untuk hutan ini biasa juga ada penyebab dari manusianya. Juga ada faktor alam itu sendiri. Rumput yang kering karena panas. Itu kena percikan api bisa langsung menyebar,” ungkapnya.

Di tahun ini dia berharap masyarakat lebih berhati-hati. Meskipun masuk musim hujan, untuk kejadian kebakaran wajib diwaspadai. Karena itu dia mengimbau warga untuk selalu mengecek keadaan kabel listrik dan juga tidak bakar-bakar sembarangan.

“Selain imbauan, kami juga mengadakan penyuluhan ke masyarakat mengenai pencegahan dan penanggulangan kebakaran,” terangnya. (sid/fun)