Tambal Jalan dengan Urukan supaya Tak Terjadi Kecelakaan

MARON, Radar Bromo – Sebuah lubang menganga di ruas jalan Dusun Krajan, Desa Maron Kidul. Jalan berlubang tersebut merupakan dampak dari derasnya air hujan yang sehari sebelumnya mengguyur wilayah tersebut. Untuk mengantisipasi jatuhnya korban jiwa, Forkopimka Maron kemarin (8/1) melakukan menambal dengan urukan.

Camat Maron Imam Syafi’i mengatakan, tambal lubang di ruas jalan tersebut dilakukan karena keluhan warga sekitar. “Pascahujan deras Selasa (7/1), lubang menganga di ruas jalan Dusun Krajan. Mungkin karena terkikis air, sehingga ada warga mengeluh karena terjatuh akibat tergenang air. Alhasil kami tindak lanjuti,” ujarnya.

Penambalan lubang dilakukan menggunakan tanah dan material sisa bangunan yang sebelumnya telah disediakan. Setidaknya, penambalan dengan pengurukan tersebut bisa mengurangi rasa kekhawatiran warga. Apalagi, posisi lubang berada persis di tikungan Dusun Krajan menuju Masjid Baiturrahman.

“Sebelumnya ada penyisiran dan pengecekan jalan bersama Forkopimka. Ketika sampai di lokasi memang benar lubang tersebut lumayan lebar dan posisinya berada di tikungan, jadi harus cepat dilakukan tindakan,” ujarnya.

Dia mengatakan, akan melaporkan kondisi jalan yang berlubang kepada dinas terkait untuk menindaklanjuti aduan dari masyarakat. Pengecekan semacam ini akan terus dilakukan untuk menciptakan kenyamanan dan keamanan di wilayah Maron.

“Pengecekan semacam ini akan terus dilakukan, apalagi sekarang Probolinggo darurat bencana angin kencang, kami dan Forkopimka akan terus berkoordinasi untuk mengurangi risiko dari dampak bencana,” tuturnya. (ar/fun)