Pilkades Serentak di Kab Probolinggo Ikut Ditunda Gara-gara Anggaran Dialihkan ke Covid-19

KRAKSAAN, Radar Bromo – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Probolinggo dipastikan tak dapat digelar tahun ini. Selain kondisinya tak memungkinkan karena pandemi Covid-19, anggarannya juga terdampak refocusing.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Probolinggo Edy Suryanto mengatakan, berdasarkan surat edaran sekretaris daerah (sekda) tertanggal 29 April 2020, menjelaskan bahwa Pilkades serentak ditunda. “Dalam surat edaran itu tidak dijelaskan waktunya sampai kapan. Sampai sekarang belum dicabut,” ujarnya.

Menurutnya, selain penundaan, dalam surat itu juga dijelaskan jika dana untuk Pilkades ditiadakan. Anggarannya dialihkan untuk percepatan penanganan Covid-19. “Tahun ini anggarannya ditiadakan. Anggaran itu juga kena refocusing dan dialihkan ke pencegahan penanganan Covid-19,” jelas Edy.

Karenanya, Pilkades yang akan digelar di 62 desa itu kemungkinan akan digelar tahun depan. Sebab, baru tahun depan bisa dilakukan penganggaran baru untuk biaya Pilkades. “Tahun ini tidak bisa. Baru bisa tahun depan dan penganggarannya juga dilakukan tahun depan,” ujar Edy. (sid/rud/fun)