Alat PCR di RSUD Waluyo Jati Siap Diuji Coba, Diklaim Bisa Difungsikan Masal

SUDAH SIAP: Trainer dari pusat memberi pelatihan memanfaatkan alat test PCR. Alat yang kini berada di RSUD Waluyo Jati siap diuji coba, bahkan bisa dilakukan dengan masal. (Foto: Satgas for Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

KRAKSAAN, Radar Bromo – Alat Polymerase Chain Reaction (PCR) di RSUD Waluyo Jati Kraksaan, sebentar lagi bisa digunakan. Alat tersebut sudah selesai dilengkapi dengan penunjangnya. Beberapa hari ke depan, alat itu memasuki masa uji coba dan pelaporan ke pemerintah provinsi.

Anang Budi Yoelijanto, Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo menjelaskan, alat PCR bantuan dari BNPB itu sudah selesai dilakukan pemasangan alat penunjang. Dengan begitu alat tersebut akan segera bisa dimanfatkan.

“Sudah selesai semua pemasangan alat penunjangnya. Tinggal proses selanjutnya,” kata Anang.

Proses yang dimaksud yaitu tahap uji coba. Tahapan itu, akan dilakukan dua hari kedepan. Setelah benar benar berfungsi dengan baik, maka akan difungsikan massal. Sehingga, bisa melayani seluruh masyarakat.

 

Baca Juga: Manfaatkan Anggaran Tak Terduga Rp 1 M untuk Beli Komponen Tes PCR

 

“Yang diuji coba langsung ke pada manusia. Jika nanti hasilnya sudah memang berfungsi dengan baik, maka akan dioperasikan,” terangnya.

Ia juga menjelaskan, jika sudah selesai maka pihaknya akan segera melaporkan kepada Pemprov Jatim, bahwa di RSUD Waluyo Jati sudah bisa memfungsikan PCR. Dan pelaporan itu, untuk langsung terkoneksi ke Jakarta. “Laporan biasa. Tetapi, perlu untuk menyamakan pendataan,” tandasnya.

Sebelumnya, Pemkab Probolinggo mendapatkan bantuan Alat PCR dari BNPB. Alat tersebut masih belum bisa digunakan lantaran membutuhkan alat penunjang. Untuk memenuhinya, pemkab merogoh kocek hingga hampir Rp 1 miliar. Saat ini, alat tersebut telah terpasang dan tinggal memfungsikan. (sid/fun)