alexametrics
24C
Probolinggo
Saturday, 23 January 2021

Jual-Beli Kios Diduga Bikin Pasar Kebonagung Kraksaan Sepi

KRAKSAAN, Radar Bromo – Sudah bertahun-tahun Pasar Kebonagung, Kraksaan, sepi. Bahkan, nyaris mangkrak karena banyak kios yang tutup. Diduga, pasar nyaris mangkrak karena terjadi praktik jual-beli kios di tempat itu.

Seperti yang disampaikan Salam, seorang pedagang di pasar setempat. Menurutnya, sudah bertahun-tahun belasan kios itu tidak ditempati oleh pemiliknya. Kios-kios itu ditinggal karena Pasar Kebonagung sepi pembeli.

“Sudah tahunan tidak ditempati. Sepi di sini. Jadi, tidak ada penjual yang mau menempati kiosnya,” katanya.

Sepinya pasar kemudian memicu terjadinya transaksi jual-beli kios. Banyak warga pemilik kios akhirnya menjual kios itu kepada orang lain. Namun, pemilik baru juga tidak mau menempati kios tersebut. “Ada yang diperjualbelikan kiosnya. Padahal, kios itu hanya hak pakai. Bukan hak milik,” tuturnya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Probolinggo Dwijoko Nurjayadi tidak membantah adanya praktik jual-beli kios tersebut. Namun, menurutnya, pihaknya belum bisa memastikan seperti apa praktik tersebut.

“Kami memang ada laporan. Tetapi, untuk buktinya belum ada dan hanya laporan secara lisan saja dari petugas,” tuturnya.

Rencananya, pihaknya bakal melakukan pemutihan terhadap penerima manfaat hak pakai kios itu. Sehingga, pasar bisa dibuka ulang dan dibuat sentra.

“Kalau yang beli itu mau jualan silakan. Itu tidak ada hak milik. Hanya hak pakai dan bangunan itu milik pemkab,” terangnya. (sid/hn)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

MOST READ

BERITA TERBARU