Jalan Rusak di Klaseman-Maron Hanya Bisa Lakukan Perawatan dengan Tambal Sulam

DILANJUTKAN: Sejumlah pekerja melakukan pemeliharaan jalan dengan sistem tambal sulam di ruas jalan Klaseman-Maron, Kabupaten Probolinggo. (Dinas PUPR Kabupaten Probolinggo for Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

KRAKSAAN, Radar Bromo – Setelah selesai memperbaiki lima ruas jalan, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Probolinggo melanjutkan pemeliharaan dua ruas jalan lainnya. Senin (6/7), sejumlah pekerja menggarap tambal sulam Jalan Klaseman menuju Kecamatan Maron.

Sejumlah titik jalan perlukan ditambal sulam. Alasannya, kondisi jalan masih cukup baik dan masih memungkinkan untuk ditambal sulam. “Perawatan jalan kami lanjutkan. Saat ini satu ruas masih dalam proses pengerjaan,” ujar Kepala UPT Pengelolaan Jalan Dinas PUPR Kabupaten Probolinggo Ria Lutvi Diarini.

Menurutnya, pengerjaan pemeliharaan jalan dilakukan secepat mungkin. Sebab, masih ada satu ruas jalan lagi yang akan digarap. Yakni, ruas jalan antara Desa Sumberbulu menuju Desa Jorongan, Kecamatan Leces. “Kali ini ada dua ruas jalan yang akan direalisasikan. Begitu jalan pertama selesai akan dilanjutkan tahap kedua,” ujarnya.

Sebelumnya, ada lima jalan yang sudah diperbaiki. Di antaranya, Jalan Dr. Wahidin, Jalan Dr. Soetomo, Jalan Kandangjati, Kecamatan Kraksaan. Serta, Jalan Pasar Senin, Kecamatan Besuk dan Jalan Lumbang-Boto. “Jalan yang sudah dilakukan pemeliharaan merupakan ruas jalan utama yang ramai kendaraan,” terangnya.

Ria menambahkan, saat ini pihaknya hanya bisa melakukan perawatan. Jalan yang diperbaiki merupakan jalan yang kerusakannya ringan, namun arus lalu lintas cukup ramai. Perawatan dilakukan sebagai upaya meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengendara. Baik pengendara roda dua maupun roda empat.

“Sisa dari refocusing anggaran coba kami maksimalkan untuk pemeliharaan jalan. Untuk pembangunan jalan, kami rencanakan tahun depan jika situasi sudah memungkinkan,” ujar Ria. (ar/rud/fun)