PPDB SMP di Kab Probolinggo Pakai Online-Offline, Catat Tahapannya

KRAKSAAN, Radar Bromo – Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) SMP Negeri Kabupaten Probolinggo dilakukan dua mekanisme, yakni melalui online dan offline. Ini dikarenakan untuk menyesuaikan kondisi di masa pandemi Covid-19 saat ini.

Kepala Bidang Pendidikan Sekolah Menengah Pertama (PSMP) Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo Saiful Anwar mengatakan, dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini, PPDB yang paling efektif dilakukan dengan dua cara, melalui online dan offline.

“Tidak seratus persen online. Pertimbangannya, karena di kabupaten ada yang minim jaringan internet,” katanya saat dikonfirmasi.

Menurut Saiful, untuk SMP Negeri yang menjalankan sistem online sekitar 52 lembaga. Sedangkan yang offline yaitu 22 SMP Negeri. Untuk yang online, kebanyakan lokasinya berada di jalur pantura, sementara untuk yang offline berada di daerah pegunungan.

“Karena tidak semuanya internetnya lancar. Karena itu ada dua cara untuk PPDB,” katanya.

Ia menjelaskan, pengumuman pembukaan pendaftaran dilakukan pada 4-6 Mei. Untuk pembukaan pendaftaran sendiri dilakukan pada 22-24 Juni yang jalur prestasi. Sedangkan jalur zonasi, afirmasi, dan perpindahan tugas orang tua dilakukan pada 29 Juni sampai 1 Juli.

Kemudian, dilanjutkan dengan verifikasi dan validasi untuk jalur prestasi dilakukan pada 27 Juni. Jalur zonasi, afirmasi, dan perpindahan tugas orang tua dilakukan 4 Juli. Untuk daftar ulang bagi jalur prestasi, dilakukan pada 29-30 Juni. Sedangkan jalur zonasi, afirmasi, dan perpindahan tugas orang tua dilakukan pada 6-7 Juli.

“PPDB untuk Kabupaten Probolinggo sesuai dengan Perbup, Kepbup, dan juknis, sudah kami laksanakan bimtek operator dan sosialisasi bagi sekolah dan insyaallah sudah tidak ada permasalahan,” jelasnya.

Ia menjelaskan, pembagian sistem jalur pendaftaran juga telah dibuat. Jalur zonasi sebesar 50 persen, jalur afirmasi 15 persen, jalur perpindahan orang tua 5 persen, dan sisanya jalur prestasi. “Jadi tidak rata. Paling besar adalah jalur zonasi seperti tahun sebelumnya,” ungkapnya. (sid/fun)