alexametrics
29C
Probolinggo
Tuesday, 26 January 2021

Hewan Ternak Rentan Sakit Ini saat Musim Hujan

DRINGU, Radar Bromo – Musim hujan yang mengguyur Kabupaten Probolinggo sejak beberapa waktu lalu berpengaruh terhadap kesehatan hewan ternak. Saat musim hujan, hewan ternak mudah mengalami serangan penyakit seperti diare dan kembung.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Probolinggo, Yahyadi menyebutkan, di musim hujan para peternak diharapkan untuk berhati-hati saat memberikan pakan pada ternaknya. Terutama sapi dan domba ataupun unggas.

“Saat musim hujan, para peternak memang mudah mencari pakan ternaknya. Namun begitu, diare dan kembung pada bagian perut ternak sering terjadi diakibatkan kandungan air pada rumput meningkat. Apalagi pada rumput yang masih muda,” ujarnya.

Ia menjelaskan, di musim hujan kadar air di dalam rumput mengalami peningkatan. Sehingga apabila pakan tersebut langsung diberikan kepada ternaknya, maka hewan mudah terserang penyakit. Hal tersebut lantaran pada musim hujan rumput banyak yang tercemar infeksi limbah sungai yang mengalir di aliran air saat hujan.

Tidak hanya itu, potensi penyakit lainya, misal flu dan virus juga mudah menyerang. Apalagi saat curah hujan sedang tinggi. Biasanya, penyakit tersebut mudah menyerang ternak unggas dan ayam. “jadi dapat menyebabkan ayam mati mendadak. Selain itu, penyakit pada ternak seperti Kembing dan diare juga dapat menyebabkan ternak mati,” ujarnya.

Dengan adanya hal tersebut, lanjut Yahyadi, vaksinasi pada hewan sangat diperlukan. Guna menambah daya tahan tubuh ternak. “Selain vaksinasi, pemberian obat juga penting. Misal seperti obat cacing. Selain itu, menjaga kualitas pakan juga penting,” ujarnya. (mu/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU