alexametrics
29C
Probolinggo
Tuesday, 26 January 2021

39 Pegawai Positif Covid, Pemkab Probolinggo WFH Total Seminggu

KRAKSAAN, Radar Bromo – Penyebaran virus Covid-19 di perkantoran terus meningkat. Di lingkungan Pemkab Probolinggo, 39 pegawai dari beberapa instansi dinyatakan positif Covid-19.

Pemkab setempat pun memberlakukan work from home (WFH) bagi seluruh pegawainya selama seminggu.

Dewi Vironica, jubir Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo mengatakan, WFH sebenarnya diberlakukan mulai hari kerja selama seminggu. Yaitu Senin 7 Desember sampai Senin 14 Desember. “Tanggal itu, semua pegawai pemkab bekerja dari rumah,” tuturnya.

Keputusan itu diambil, karena dua minggu terakhir sebanyak 39 pegawai positif Covid-19. Mereka berasal dari beberapa instansi. Mulai dari kantor barat hingga kantor timur di Kraksaan. “Karena itu, bukan hanya di Kraksaan yang WFH. Tetapi seluruh pegawai pemkab,” katanya.

Menurut Dewi, 39 pegawai yang positif Covid-19 ini berasal dari beberapa instansi. Di antaranya Dinas Sosial (Dinsos), Badan Keuangan Daerah (BKD), Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Desa (PMD), Rumah Sakit Umum Daerah dan beberapa Puskesmas. “Di antaranya itu. Jadi untuk menghindari penularan lebih jauh, maka diberlakukan WFH seluruhnya,” jelasnya.

Selama WFH, beberapa kantor akan disemprot disinfektan. Tujuannya, untuk menyeterilkan kompleks perkantoran. “Ya nanti ada penyemprotan disinfektan untuk menyeterilkan perkantoran. Bagi karyawan yang sedang WFH dan didapati gejala, kami anjurkan untuk langsung ke puskesmas terdekat. Nantinya akan di-swab, kalau memiliki kontak erat dengan pegawai yang terkonfirmasi Covid-19. Kalau tidak, ya hanya rapid test,” ungkapnya.

Sebagai informasi, kasus positif Covid-19 di Kabupaten Probolinggo sejauh ini sudah mencapai 1.678 orang. Rinciannya, 132 orang dirawat, 1.452 pasien sembuh dan 94 orang meninggal dunia. Sedangkan kasus suspect 45, probable 19 dan discarded 304. (sid/hn/mie)

MOST READ

BERITA TERBARU