Selama Januari-Agustus, PLN Sudah Pangkas Ribuan Pohon

DIPANGKAS: Petugas ULP PLN Kraksaan sedang melakukan perabasan pohon di wilayah Kraksaan beberapa waktu lalu. Hal itu bertujuan untuk meminimalisir terjadinya gangguan pelayanan listrik. (Foto: Agus Faiz Musleh/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

KRAKSAAN, Radar Bromo – Pemangkasan pohon dekat kabel listrik terus dilakukan Unit Pelayanan Pelanggan (ULP) PLN Kraksan. Setidaknya ada ribuan pohon yang dipangkas sejak Januari hingga Agustus.

Manajer ULP PLN Kraksaan Hendy Pranata menjelaskan, tiap harinya rata-rata pihaknya melakukan pemangkasan 60 pohon. Pemangkasan itu dilakukan di tiga belas kecamatan di wilayah kerjanya. Yakni, Paiton, Kotaanyar, Pakuniran, Besuk, Kraksaan, Pajarakan, Krejengan, Gading, Krucil, Tiris, Maron, Banyuanyar, dan Gending.

“Sedikitnya ada empat regu yang tiap harinya keliling untuk memebersihkan pohon tersebut. Kalau dari januari suadah ada ribuan pohon yang kami bersihkan,” ujarnya, saat ditemui Selasa (4/8).

Hendy menjelaskan, pembersihkan dilakukan dengan tiga cara yakni perabasan, pemangkasan dan penebangan. Dari ketiganya, perabasan yang paling sering dilkukan oleh pihakanya. Tiga cara ini memiliki batasan-batasan pembersihan masing masing .

“Kalau perabasan itu dilakukan dengan cara motong bagian atas pohon yang dekat dengan kabel sehingga berjarak tiga meter dari kabel. Untuk pemangkasan dilakukan dengan cara memotong bagian dahan atau ranting. Sedangkan untuk penebangan dilakukan dari bawah,” ujarnya.

Hendy mengungkap, pemangkasan itu akan terus dilkukan oleh pihaknya. “Akan terus dilakukan, mengingat hujan kadang turun, sehingga cabang pohon mudah timbuh. Saat pemotongan, sebelum itu kami juga berkoordinasi dengan pemilik pohon. Agar rela pohonnya dibersihkan minimal tiga meter dari kabel listrik,” ujarnya. (mg1/fun)