Maksimalkan Dana Hibah Kelompok Pembudi Daya Tahun Depan

PANTAU: Salah satu pembudidaya ikan di Desa Krampilan, Besuk, memberi makan di kolam budi daya ikan: Tahun depan Dinas Perikanan memprioritaskan tujuh kelompok pembudi daya untuk mendapatkan bantuan. (Foto: dok Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

DRINGU, Radar Bromo – Ketidak maksimalan dana hibah yang ditujukan kepada kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) di Kabupaten Probolinggo tahun ini, akan di tindak lanjuti oleh Dinas Perikanan dan Kelautan. Tahun depan, bantuan akan diprioritaskan kepada Pokdakan yang masih belum mendapatkan.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Dedy Isfandi melalui Kepala Bidang Perikanan Budidaya Diskan Kabupaten Probolinggo Wahid Noor Azis mengatakan, akan ada beberapa Pokdakan yang menjadi prioritas. Mereka akan mendapatkan bantuan dari pihaknya. Bantuan tersbut diberikan sebagai peningkatan produksifitas pada budidaya ikan.

“DI tahun ini ada beberapa pokdakan yang belum mendapatkan bantuan. Diantaranya pokdakan di Desa Wonorejo, Kecamatan Maron; Desa Jorongan, Leces; Desa Alasnyiur, Besuk; Desa Prasi, Gading,  Desa Kebonagung, Kraksaan,  dan Desa Kalikajar Kulon, Paiton. Beberapa pokdakan itu akan menjadi prioritas pendapat bantuan dana hibah tahun depan,” ujarnya.

Di tahun ini, bantuan dana hibah Dinas Perikanan dan Kelautan hanya 50 persen yang tersalurkan. Bantuan tersbut tersalurkan hanya pada 5 desa. “Dari dana sekitar Rp 700 juta, hanya lima puluh persennya saja yang tersalurkan. Bantuan itu dimaksudkan sebagai upaya peningtakan  produktifitas ikan budidaya,” ujarnya.

Ketidak maksimalan bantuan bagi pokdakan itu disebabkan oleh dana hibah yang digunakan telah digeser pada penganan Covid-19. Aziz berharap, tahun depan pandemi korona ini dapat segara berakhir. “Meski saat ini tidak maksimal, kami optimistis dapat menyelesaikan target ikan budidaya sejumlah 12.471 ton. Upayanya akan di maksimalkan pada sosialisasi dan pembinaan kepada 12 pokdakan yang ada, termasuk ketujuh pokdakan yang belum mendapat bantuan itu,” ujarnya. (mg1/fun)