alexametrics
25C
Probolinggo
Sunday, 17 January 2021

Kubu Markus Hadirkan Saksi Eks Pengurus Partai Gerindra

KRAKSAAN, Radar Bromo– Sidang lanjutan kasus ijazah palsu Jilid II kembali digelar. Dalam sidang sebelumnya Jon Junaidi selaku Ketua Gerindra membantah terlibat. Kubu terdakwa pun menghadirkan Walau begitu, pihak terdakwa bersiap akan kembali menghadirkan Agung Budiyanto, saksi yang disebutkan eks pengurus Gerindra dan memperkuat peran Jon Junaedi.

Sidang yan digelar Kamis (3/12) digelar sekitar pukul 13.00. Seperti sebelumnya, sidang digelar di tiga lokasi berbeda. Untuk Hakim di Pengadilan Negeri (PN) Kraksaan, terdakwa dan penasihat hukum di Rutan Kelas II B Kraksaan dan untuk Jaksa Penuntut Umum (JPU) serta saksi di Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Probolinggo.

Dalam sidang kemarin, JPU menghadirkan dua orang saksi. Yaitu Samsul Arifin Alfatoni dan juga Abdul Rasyid, yang tak lain adalah sopir dari Jon Junaedi. “Yang kami rencanakan hadir hari ini (kemarin, Red), berhalangan. Untuk saki Alfatoni ada kegiatan di Jogjakarta,” kata Daniar, Humas Kejari Kabupaten Probolinggo. Sedangkan untuk Abdul Rasyid, kini masih menjadi buronan pihak kepolisian.

Sebelumnya, dalam persidangan perkara jilid satu dengan terdakwa Abdul Kadir, Abdul Rasyid mengakui semua bahwa ialah yang mengurus ijazah palsu itu. Karena itu kemudian ia ditetapkan menjadi tersangka dan kabur hingga hari ini.

“Pengantar panggilan mendapatkan informasi dari Kepala Desa Maron Kidul tempat tinggal saksi, bahwa Abdul Rasyid sudah tidak pernah datang ke desanya, dan rumahnya kosong. Karena itu, ia tidak hadir, ” katanya.

Sementara itu, penasihat hukum terdakwa Markus yakni Hosnan Taufik mengatakan, dalam sidang langsung dilanjutkan pemeriksaan saksi dari pihaknya. Saksi yang dihadirkan adalah Agung Budiyanto, yang disebutkan eks pengurus DPC Gerindra, dan dialah yang ditelpon oleh Jon untuk datang ke rumah Markus.

“Yang pertama telpon untuk minta diantar ke rumah Markus. Yang kedua Jon membawa temannya dan yang membawa map dari rumah Markus. Tapi saksi tidak tahu apa isi map itu. Dan yang ketiga tidak bawa apa apa,” katanya.

Saksi yang dihadirkan adalah tetangga Markus dan dulunya merupakan pengurus Gerindra. Saksi sangat akrab dengan Jon. “Mantan pengurus. Dengan demikian kan semakin terbuka,” ungkapnya. (sid/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU