alexametrics
25C
Probolinggo
Sunday, 17 January 2021

Dua Warga Tongas Diamankan Akibat Terlibat Jaringan SIM Palsu

PAJARAKAN, Radar Bromo– Dua warga Desa Tanjungrejo, Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo, diamankan polisi. Perkaranya, keduanya diduga terlibat pembuatan surat izin mengemudi (SIM) palsu.

Keduanya adalah Herman alias Eman, 36, dan Mulyadi alias Mul, 42. Saat ini, keduanya mendekam di mapolres Probolinggo guna kepentingan penyelidikan.

Informasi yang dihimpun Jawa Pos Radar Bromo, penangkapan keduanya merupakan pengembangan dari penangkapan pelaku sebelumnya yaitu Ahmad Rofiki. Rofiki, ditangkap polisi pada 2019 lalu. Sedangkan keduanya ditangkap kemarin (3/12) dini hari sekitar pukul 00.30.

AKP Riski Santoso, Kasat Reskrim Polres Probolinggo mengatakan, keduanya diamankan di rumahnya masing masing. Itu, setelah pihaknya melakukan penyelidikan atas pengembangan kasus sim palsu.

“Kami amankan di rumahnya. Saat mereka tertidur kami datangi rumahnya dan langsung kami amankan,” katanya.

Pria asal Kota Surabaya itu menjelaskan, dalam kasus SIM palsu itu, keduanya sebagai perantara. Merekalah yang memberikan jalan kepada Rofiki untuk bisa mencetak SIM palsu.

“Jadi, jika ada yang ingin buat SIM, kemudian pelaku ini yang menunjukan dimana lokasi pembuatannya,” ungkapnya.

Saat ini, pihak kepolisian sedang memburu pelaku yang membuat SIM. Polisi sudah mengantongi identitas pembuatnya dan tinggal melakukan pengumpulan bukti. Setelah itu, baru kemudian pembuatnya akan dilakukan penangkapan. “Sedang kami kembangkan juga. Identitasnya sudah kami kantongi, ” terangnya.

Dalam perkara ini, Rofiki sudah diamankan polisi pada Senin (4/11) tahun lalu. Ia ditangkap di jalan raya Dringu, saat pihak kepolisian Satlantas melakukan razia sekitar pukul 16.00. Saat itu, pelaku mengendarai truk. Saat diberhentikan dan dimintai surat-surat, polisi curiga bahwa sim B II Umum yang digunakan palsu.

Karena itu pelaku lantas digiring ke mapolres untuk dimintai keterangan lebih lanjut. Hasilnya, pelaku kemudian menyebutkan nama perantaranya. Hingga, kemudian dua pelaku itupun diamankan. (sid/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU