alexametrics
25C
Probolinggo
Thursday, 21 January 2021

Capaian Retribusi Uji Kir Masih 80 Persen

KRAKSAAN,Radar Bromo– Unit Pelaksana Teknis Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Probolinggo, tahun ini didtarget harus bisa menyumbang pendapatan asli daerah (PAD) Rp 1 miliar. Namun, sejauh ini baru tercapai 80 persen atau sekitar Rp 800 juta.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Pengujian Kendaraan Bermotor Dishub Kabupaten Probolinggo Cipto Widianto mengatakan, sejauh ini pihaknya berhasil mengumpulkan retribusi 80 persen dari target. Setahun ini, pihanya ditarget mendapatkan PAD dari retribusi Rp 1 miliar. “Dari target retrebusi yang ditetapkan, kami sudah mengumpulkan sekitar 80 persen atau sekitar Rp 800 juta,” ujarnya, Kamis (3/12).

Meski sejauh ini belum mencapai target, Cipto mengaku optimistis target itu akan tercapai. Sebab, masih ada waktu hingga akhir tahun nanti. “Harus tercapai dan kami optimistis bisa mencapai target retrebusi ini hingga akhir tahun,” ujarnya.

Target retrebusi uji kir ini, sejatinya telah dikurangi. Sebelum pandemi Covid-19, target retrebusi ujikir tahun ini mencapai Rp 1,05 miliar. Namun, karena adanya pandemi, targetnya dikurangi Rp 50 juta menjadi Rp 1 miliar.

Diketahui, kendaraan yang hendak diuji kir, beberapa di antaranya harus melakukan uji kir dua kali dalam setahun. Kendaraan yang wajib itu adalah kendaraan barang dan angkutan umum atau mobil pengangkut umum (MPU). Namun, Dishub tidak menolak jika ada kendaraan pribadi yang hendak diuji kir. Sebab, akan menambah PAD. (mu/rud)

MOST READ

BERITA TERBARU