Rumah Kemasan Klaim Majukan 400 IKM di Kab Probolinggo

KRAKSAAN, Radar Bromo– Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Probolinggo mengklaim bahwa adanya rumah kemasan berhasil memajukan Industri Kecil Menengah (IKM) setempat. Dari jumlah IKM kurang lebih 2.000-an, sekitar 400 IKM diklamim kini sudah berhasil maju.

Hal itu diungkap Kepala Disperindag setempat Mahbub Junaedi. Menurutnya, rumah kemasan yang didirikan pada empat tahun lalu itu berhasil. Banyak para pegiat IKM yang ikut dalam program tersebut dan berhasil.  ” Banyak pegiat IKM yang sudah go luar kota, ” ungkapnya.

Menurutnya, dari kurang lebih 2 ribuan IKM yang ada di Kabupaten Probolinggo,ada  400-an yang mengikuti. Kesemuanya berhasil. Mereka telah berhasil melakukan packing produknya berhasil.

Rumah kemasan itu, kata Mahbub, banyak dilakukan pembelajaran mengenai packing. Sehingga, mereka bisa membaut produk lebih menarik. Dengan demikian, produk tersebut menjadi lebih terkenal. “Itu yang kamu lakukan. Sehingga produk mereka lebih baik dan menjadi menarik, ” jelasnya.

Selain melakukan pelatihan kemasan, juga membuat website. Fungsinya untuk menginformasikan dan memasarkan produk IKM. Namun, website itu hanya melakukan pemasaran saja. Tidak sampai melakukan transaksi. “Tetapi, kedepan nanti kami akan membuat sebuah aplikasi semacam start up. Tujuannya untuk menjual produk ikm. Ini kami lakukan untuk pemasaran, ” tandasnya. (sid/fun)