Waspadai Kebakaran Lahan Tebu Saat Musim Giling

KRAKSAAN, Radar Bromo – Sejak dua bulan belakangan Kabupaten Probolinggo telah memasuki musim giling tebu. Sebab, beberapa kali Pemadam Kebakaran mencatat kebakaran lahan tebu telah terjadi.

Kebakaran lahan tebu saat masuk musim giling menjadi perhatian serius Pemadam Kebakaran. Sebab petani tebu masih melakukan cara tradisional untuk membersihkan lahan pasca panen dengan membakar sampah sisa tebang tebu.

“Masuk masa giling tebu, kerap terjadi kebakaran yang tak terduga akibat merembetnya api saat membakar lahan pasca panen,” ujar Humas Pemadam Kebakaran Sholehudin.

Di bulan Juli saja telah terjadi 2 kebakaran lahan tebu. Salah satunya terjadi di Kelurahan Sidomukti Kecamatan Kraksaan. Tepatnya di depan SMA Negeri 1 Kraksaan Kabupaten Probolinggo rabu (15/7) lalu. Kendati tidak ada korban jiwa, kebakaran ini menyebabkan kekhawatiran warga sekitar.

“Sudah ada laporan, kebakaran di Kecamatan Kraksaan beberapa waktu lalu kami padamkan setelah ada laporan warga sekitar. Satu lagi di Kecamatan Banyuanyar, tetapi kami tidak sempat ke lokasi karena lebih dulu padam,” katanya.

Menurutnya kebakaran lahan tebu merupakan salah satu kecerobohan yang dilakukan oleh warga. Masih diterapkannya pembersihan lahan dengan cara membakar sisa pohon pasca panen. Kemudian ditinggal begitu saja tanpa ada pengawasan akan berakibat pada bencana. Oleh karena itu saat melakukan pembakaran harus dilakukan dengan pengawasan yang ketat dan dipastikan api tidak merembet ke pemukiman warga.

“Imbauan sudah dilakukan, tapi memang karena sudah terbiasa jadi perlu dilakukan pengawasan dan tidak boleh lengah,” tandasnya.

Tahun lalu setidaknya pemadam kebakaran mencatat 6 kebakaran lahan tebu. Kewaspadaan perlu dilakukan dengan ekstra agar dampak akibat kebakaran bisa diminimalisasi.

“Seperti tahun sebelumnya, kebakaran lahan tebu masih berpotensi terjadi. Musim kemarau dan angin kencang seperti saat ini sebaiknya jangan membakar lahan. Jangan sampai kelalaian bisa menjadi musibah,” ujarnya. (ar/fun)