Satgas Imbau Disinfektan Tak Disemprot ke Tubuh Karena Bahaya

KE JALAN: Penyemprotan disinfektan di ruas jalan di Kraksaan. Satgas penanganan Covid-19 mengimbau agar cairan disinfektan hanya disemprot ke benda mati. (Foto: Dok. Radar Bromo)

Related Post

KRAKSAAN, Radar Bromo – Satgas Percepatan Pencegahan Covid-19 Kabupaten Probolinggo terus mengimbau masyarakat tidak panik secara berlebihan. Selain itu, juga menyarankan untuk tidak menyemprotkan cairan disinfektan secara langsung kepada manusia karena cairan ini semestinya hanya untuk benda mati.

Hal itu dikatakan Juru Bicara (Jubir) Satgas Percepatan Pencegahan Covid -19 Anang Budy Yoelijanto. Menurutnya, masyarakat tidak perlu panik secara berlebihan dalam menghadapi pandemik ini. Menurutnya, masyarakat cukup dengan melakukan anjuran dari pemerintah dan juga melakukan cuci tangan lebih sering.

“Lakukan saja apa yang di intruksikan atau diimbau pemerintah. Jangan sampai takut secara berlebihan,” katanya.

Menurutnya, mengenai penyemprotan disinfektan yang langsung ke tubuh manusia itu tidak diperbolehkan. Anang -sapaanya- menjelaskan, jika disemprotkan langsung kepada tubuh manusia, akan berdampak bahaya pada tubuh yang disemprot.

“Itu bisa menimbulkan penyakit baru. Jadi, yang sudah terlanjut menyemprot tolong jangan dilakukan kembali,” tandasnya.

Cairan disinfektan sejatinya tidak diperuntukan untuk manusia. Itu hanya diperuntukan untuk benda-benda mati. Seperti pakaian, rumah, tempat peribadatan, dan lain sebagainya. Untuk manusia bukan menggunakan cairan tersebut. “Ada cairannya sendiri. Kalau disinfektan bukan untuk manusia,” ungkapnya.

Apa yang diungkapkan Anang Budy Yoelijanto, senada dengan WHO Indonesia. Melalui akun Instagram resminya juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak menyemprotkan disinfektan kepada tubuh manusia. Pasalnya, penyemprotan secara langsung ke tubuh manusia membahayakan.

“Jangan menyemprot disinfektan ke tubuh seseorang. Karena hal ini bisa membahayakan. Gunakan disinfektan hanya kepermukaan benda-benda,” tulis akun tersebut. (sid/fun)