alexametrics
31C
Probolinggo
Friday, 22 January 2021

Puskesmas Sumber Imunisasi Siswa saat Pandemi

SUMBER, Radar Bromo – Sejak November, Puskesmas Sumber mulai melaksanakan bulan imunisasi anak sekolah (Bias) di wilayah kerjanya. Pelaksanaan Bias dikhususkan bagi siswa sekolah dasar (SD) kelas 1, 2 dan kelas 5.

Bulan imunisasi siswa sekolah adalah kegiatan pemberian imunisasi yang bertujuan untuk memberikan kekebalan tubuh siswa terhadap penyakit campak, rubella, difteri dan tetanus yang biasanya dilaksanakan setahun 2 kali. “Karena masih berada di pandemi, Bias di wilayah kerja Puskesmas Sumber dilaksanakan pada bulan November-Desember,” ujar Sukari, S.Kep, Ns, Kepala Puskesmas Sumber.

Menurutnya, saat Bias, siswa kelas 1 diberikan imunisasi campak. Sedangkan siswa kelas 2 dan 5 akan diberikan imunisasi tetanus diphteria (Td). Pemberian imunisasi diphteria tetanus untuk siswa kelas 1 akan dilaksanakan Maret tahun 2021.

“Puskesmas akan menjadwalkan kunjungan imunisasi ke setiap sekolah. Pelaksanaan Bias di era pandemi Covid-19 tetap melaksanakan protokol kesehatan. Baik peserta maupun petugas kesehatan sebagai pelaksana,” ujarnya.

Selain itu, menurut Sukari petugas kesehatan juga memberikan edukasi protokol kesehatan selama pelaksanaan Bias. Di antaranya, menerapkan perilaku hidup disiplin dengan melakukan langkah 3M, sebagai upaya mencegah sekaligus memutus rantai penularan Covid-19.

“Pihak sekolah menyediakan sarana cuci tangan lengkap dengan sabunnya. Serta mengharuskan siswa memakai masker dan menjaga jarak aman selama pelaksanaan imunisasi,” katanya.

Untuk saat ini Bias masih belum bisa dilaksanakan di semua SD di wilayah kerja Puskesmas Sumber. Sebab, di masa pandemi ini kegiatan belajar mengajar masih belum dilakukan secara tatap muka.

Ia menambahkan, lembaga pendidikan termasuk sekolah dasar menjadi tempat yang rentan penyebaran virus. Namun, sekolah juga menjadi tempat strategis dalam pencegahan virus ini. (uno/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU