alexametrics
25C
Probolinggo
Saturday, 16 January 2021

Klaim Temuan HIV-AIDS Kab Probolinggo Tahun 2020 Turun

KRAKSAAN, Radar Bromo – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupten Probolinggo mengklaim temuan penderita HIV-AIDS 2020 menurun. Di tahun Dinkes mencatat ada temuan 80 HIV dan 8 AIDS. Jumlah tersebut, sangat jauh dibandingkan tahun sebelumnya sekitar 203 untuk HIV dan 53 untuk AIDS.

Mujoko, Kepala Bidang Perencanaan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kabupaten Probolinggo mengatakan, dua tahun ini jumlahnya terus menurun. Rinciannya, jika dibandingkan dengan tahun 2018 lalu jumlahnya cenderung tinggi. Di t 2018 angka HIV-AIDS mencapai 227 untuk HIV dan AIDS 72.

“Tahun ini menurun drastis. Temuan kami dilapangan sangat signifikan turunnya dibanding tahun tahun sebelumnya,” katanya.

Pria yang akrab disapa Joko itu menuturkan, penurunan tersebut disebabkan kesadaran masyarakat yang mulai membaik. Mereka sedikit demi sedikit mengerti akan bahayanya HIV-AIDS. Sehingga, upaya pencegahan yang dapat menyebabkan hal itu mendapat perhatian.

“Masyarakat mulai sadar. Penyakit ini layaknya Covid-19. Jika tidak ada kesadaran, maka akan terus ada,” katanya.

Penyebab HIV-AIDS sendiri salah satunya yakni seks bebas. Ini menjadi penyebab terbesar. Selain itu, juga adanya pelaku LGBT. Pihaknya tak henti-hentinya untuk memberikan sosialisasi tentang bahayanya kedua perilaku tersebut.

“Kami terus memberikan sosialisasi. Ini bertujuan untuk terus menurunkan HIV-AIDS itu. Jangan sampai terus terjadi dan meningkat,” tuturnya. (sid/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU