alexametrics
25C
Probolinggo
Sunday, 17 January 2021

Jika Masih Tersisa, Dana Desa Bisa Disalurkan untuk BLT

KRAKSAAN, Radar Bromo – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Probolinggo masih memproses penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) bersumber dari Dana Desa (BLT-DD). Sedianya penyaluran akan menggunakan DD pencairan periode ketiga. Dana ini diprioritaskan untuk penyaluran BLT-DD tahap 4, 5, dan 6. Jika masih ada sisa, dana tersebut dapat kembali di manfaatkan untuk BLT-DD.

Kasi Perencanaan dan Evaluasi Desa DPMD Kabupaten Probolinggo Farhan Hidayat menjelaskan, prinsipnya DD yang ada saat ini lebih diprioritaskan untuk penanggulangan pandemi virus korona. Salah satunya adalah menjaga kesejahteraan warga dengan pemberian bantuan langsung tunai.

“Sesuai dengan regulasi yang ada, DD lebih diprioritaskan untuk penanggulangan pandemic. Bantuan yang diberikan pada prinsipnya untuk membantu warga di tengah pandemi,” katanya.

Menurutnya, DD periode ketiga telah cair namun nantinya akan digunakan untuk penyaluran BLT-DD tahap 4, 5, dan 6. Namun apabila masih ada sisa, dana tersebut dapat kembali dimanfaatkan untuk BLT-DD sesuai dengan kemampuan desa.

“Dari total DD yang ada, komposisi pencairan tahap ketiga adalah 20 persen. Jika pemerintah desa telah menyalurkan BLT-DD kepada warga dan DD masih ada sisa, tentu bisa disalurkan kembali kepada KPM hingga tutup tahun,” jelasnya.

Farhan menjelaskan bahwa pembangunan fisik di desa masih boleh dilakukan dengan catatan bahwa bangunan tersebut benar-benar dibutuhkan. Sehingga pembangunannya harus dilakukan dan tidak dapat ditunda. Selain itu pengerjaan proyek harus menggunakan padat karya tunai yang merangkul warga desa untuk turut berkerja. Sebagai salah satu upaya menstabilkan kesejahteraan warga desa.

“Boleh membangun asalkan bangunan tersebut untuk mitigasi risiko bencana. Jadi sisa dana bisa dimaksimalkan. Selebihnya itu memang lebih diprioritaskan untuk penanggulangan pandemi Covid-19,” pungkasnya. (ar/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU