alexametrics
31C
Probolinggo
Friday, 22 January 2021

Bantuan Sapi dari Kementan Baru Didroping 72 Ekor, Totalnya 1.000

LUMBANG, Radar Bromo – Program 1000 Desa sapi dari Kementerian Pertanian RI mulai didroping di kandang sapi di Kecamatan Lumbang Kabupaten Probolinggo. Selasa lalu (1/12), baru 72 ekor sapi yang telah tiba di kandang sapi di Lumbang. Ditargetkan, 17 Desember mendatang 1.000 ekor sapi sudah masuk kandang.

Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Nasrullah saat dikonfirmasi mengatakan, saat ini Indonesia masih kekurangan stok daging sapi untuk kebutuhan dalam negeri. Karena kondisi itu pula, pihaknya mengeluarkan program seribu desa sapi untuk menggenjot swasembada daging tahun 2021 mendatang.

“Tahun depan kami targetnya bisa swasembada daging untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik,” kata Nasrullah.

Sementara itu, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Kabupaten Probolinggo, Yahyadi mengatakan, program 1.000 desa sapi di Kabupaten Probolinggo ini merupakan tahap awal. “Nanti 1.000 sapi ini diserahkan kepada kelompok tani di 5 desa di Kecamatan Lumbang. Masing-masing desa akan mendapatkan 200 sapi terdiri dari 100 sapi pembibitan dan 100 sapi penggemukan,” tegasnya.

Sejauh ini, dikatakan Yahyadi, sudah tiba 72 ekor sapi yang tiba dan masuk kandang 1.000 desa sapi. Secara bertahap, 1.000 ekor sapi itu didroping ke Lumbang. Ditargetkan pertengahan bulan Desember ini, 1.000 ekor sapi tersebut sudah harus masuk kandang semua.

”Sehari lalu ada 72 ekor yang datang. Bisa jadi besok dan lusa akan terus datang terus. Karena tidak mungkin datang 1.000 ekor sapi sekaligus, pasti bertahap,” terangnya.

Kewajiban dari kelompok penerima program 1.000 desa sapi tersebut, beber Yahyadi, adalah memelihara sapi sebanyak 200 ekor tersebut. Untuk 100 ekor penggemukan. Saat sapi baru masuk ditimbang dahulu dan setelah 6 bulan dijual lagi. ”Kelebihannya dijadikan sebagai biayanya dan untuk penambahan sapinya diambilkan dari hasil timbangan awal untuk dibelanjakan lagi,” terangnya. (mas/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU