alexametrics
26.7 C
Probolinggo
Thursday, 29 October 2020

Bakar Sampah, Gudang Mebel di Karanganyar Paiton Terbakar

PAITON, Radar Bromo – Sebuah gudang mebel di Desa Karanganyar, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, dilalap api. Syukur, sebelum gudang milik Mustofa, 50, warga Desa Alastengah, Kecamatan Paiton, itu ludes api berhasil dijinakkan.

Minggu (2/8), kebakaran itu terjadi sekitar pukul 12.30. Salah seorang warga setempat, Khairul Anwar, 30, mengaku melihat ada percikan api disusul asap tebal di sela-sela tumpukan kayu. Saat itu, dirinya hendak mengambil air di sumber air tak jauh dari lokasi kebakaran.

“Saya dari sawah rencananya mau mengambil air minum. Ketika itu memang sepi karena karyawan istirahat. Takut api semakin membesar, langsung saya memanggil warga,” katanya.

Khoirul mengatakan, dalam hitungan detik warga sudah berkerumun. Mereka langsung bahu-membahu berusaha memadamkan api menggunakan alat seadanya. Usaha warga berhasil. Semakin lama, api mengecil dan bisa dikendalikan.

“Sekitar 15 menit sudah padam. Hanya saja asap dari tumpukan kayu sempat mengarah ke Jalan Pantura, sehingga mengganggu pengguna jalan. Tapi, setelah disiram oleh warga asapnya juga hilang,” jelasnya.

Melihat upayanya berhasil, warga tidak melapor kejadian ini ke pemadam kebakaran (Damkar). Begitu juga kepada pihak kepolisian. Hingga api benar-benar padam, pemilik dan karyawan gudang tidak berada di lokasi kejadian. “Kerugiannya saya tidak tahu karena pemilik dan karyawannya belum ada,” ujarnya.

Penjaga warung di sekitar tempat kejadian perkara (TKP), Maqbul Andriyono, 24, mengatakan, diduga kebakaran terjadi karena ada tumpukan sampah yang dibakar. Kemudian menjalar sampai terkena serbuk kayu. “Untungnya arah angin dari utara, sedangkan serbuk kayu banyak di sebelah utara mebel. Karena terhalang rumah warga, membuat api tidak sampai terbawa angin,” ujarnya.

Kanit Reskrim Polsek Paiton Aipda Antono mengaku tidak mendapatkan laporan adanya kebakaran ini. Pengakuan serupa disampaikan Plt Kasatpol PP Kabupaten Probolinggo Aruman, yang membawahi pemadam kebakaran Kabupaten Probolinggo. (sid/rud)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Ini Kata Misbakhun tentang UU Ciptaker, Disebut Justru Pro Rakyat

Anggota DPR RI dari Fraksi Golkar Mukhamad Misbakhun, menepis isu miring mengenai UU Cipta Kerja.

Dewan Sebut Pemilik Usaha yang Cemarkan Kaliputih Harus Disanksi

Komisi 3 DPRD Kabupaten Pasuruan, mendesak kasus ini terus diselidiki dan pemilih usaha harus disanksi tegas.

BSU Pekerja Gelombang 2 Pasuruan-Probolinggo Cair Mulai November

Pencairan gelombang pertama sudah dicairkan sebesar Rp 1,2 juta sejak pertengahan Agustus sampai Oktober ini.

Laporan Perusakan APK Belum Sempurna, Tim Punya Waktu Dua Hari

Syarat formil itu meliputi subyek pelapor, terlapor, waktu kejadian serta saksi-saksi.

Simpatisan Benahi APK Milik Gus Ipul-Mas Adi yang Dirusak

Sampai saat ini tim p[emenangan gus ipul-mas adi menerima laporan puluhan baliho