alexametrics
25C
Probolinggo
Wednesday, 27 January 2021

Siap Gelar Pembelajaran Tatap Muka untuk Sekolah Zona Hijau-Kuning

KRAKSAAN,Radar Bromo – Pemkab Probolinggo memastikan mengikuti kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI untuk memulai pembelajaran tatap muka pada 2021. Tak hanya di sekolah yang berada di wilayah zona hijau, yang berada di zona kuning juga dipastikan menyelengarakannya.

Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo Fathur Rozi mengatakan, Kementerian menyerahkan sepenuhnya kepada pemerintah daerah untuk dimulai pembelajaran tatap muka pada awal 2021. Karenanya, pihaknya memastikan memulai pembelajaran tatap muka pada semester genap tahun depan.

“Sebenarnya pembelajaran tatap muka sudah mulai dilakukan di Kabupaten Probolinggo. Sesuai kebijakan dari menteri pendidikan, awal tahun 2021 akan mulai pembelajaran tatap muka. Meski tidak semua sekolah,” ujarnya, kemarin.

Menurutnya, pembelajaran tatap muka akan diberlakukan di sekolah yang berada di zona hijau dan zona kuning. Untuk lembaga SMP, zona hijau itu tingkat kecamatan. Sedangkan, lembaga SD dilihat dari zona tingkat desa. Sehingga, terkadang ada SDN di desa zona hijau atau kuning dalam kecamatan zona oranye atau merah.

“Kalau kecamatan itu sudah zona hijau atau kuning, dipastikan lembaga SMP akan mulai pembelajaran tatap muka. Tetapi, jika di kecamatan itu zona oranye atau merah, berarti lembaga SMP dipastikan tidak bisa mulai tatap muka. Namun, untuk SD masih dilihat dari zona tingkat desanya,” jelasnya.

Sejauh ini, kata Rozi, pihaknya masih terus menyiapkan pembelajaran tatap muka pada awal semester genap. Dalam pembelajaran tatap muka ini tetap harus penerapan protokol kesehatan. Mulai dari jumlah siswa dalam satu ruang kelas itu hanya 50 persen dari kapasitas ruangan.

“Pembelajaran tatap muka pada awal tahun 2021, belum bisa setiap siswa masuk sekolah setiap hari. Tetapi, akan dibuat sistem gantian, karena jumlah siswa dalam kelas maksimal 50 persen,” ujarnya. (mas/rud/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU