alexametrics
25C
Probolinggo
Wednesday, 27 January 2021

Kontainer Sampah Gending Belum Maksimal, Bakal Dievaluasi

GENDING,Radar Bromo – Penyelesaian masalah sampah yang dikeluhkan masyarakat terus dilakukan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo. Salah satunya dengan menyediakan kontainer sampah di wilayah Kecamatan Gending. Keberadaannya terus dipantau dan dievaluasi.

Kepala DLH Kabupaten Probolinggo Dwijoko Nurjayadi mengatakan, penempatan kontainer di wilayah Gending, merupakan tindak lanjut dari keluhan warga. Kejadian banjir beberapa pekan lalu ditengarai akibat sampah yang terbawa air dan menyumbat irigasi. Akibatnya, air meluap hingga ke pemukiman.

“Sempat dikeluhkan karena sampah dibuang sembarangan dan menumpuk. Jadi, dua pekan lalu kami sudah kirim satu kontainer sampah agar masalah sampah bisa diselesaikan secara bertahap,” katanya.

Namun, pihaknya masih melakukan pemantauan dan evaluasi pemanfaatan kontainer sampah itu. Sebab, masih ditemukan sampah yang berserakan di tepi jalan utama. Adanya tumpukan sampah membuat pemandangan kurang sedap. Ini menunjukkan keberadaan kontainer belum dimanfaatkan dengan maksimal oleh warga.

“Kontainer kan masih baru ditempatkan, jadi kami lakukan pemantauan. Nantinya akan dievaluasi apakah keberadaannya dapat mengatasi sampah atau tidak. Jika tidak, akan dipindahkan ke lokasi lain yang memiliki volume sampah tinggi,” ujarnya.

Sebelumnya, penempatan satu kontainer sampah ini diprediksi dapat mengatasi masalah sampah. Petugas yang membidangi juga sudah berupaya mengamati dan memantau volume sampah di wilayah Gending. Tak hanya itu, pengangkutan sampah menuju tempat pembuangan akhir juga telah terjadwal. Sehingga, kontainer dapat terus digunakan.

“Penyediaan kontainer tidak akan maksimal jika warga sekitar belum memilik kesadaran untuk membuang sampah. Sehingga, keberadaannya akan sia-sia. Tentu perlu ada sinergi untuk melakukan pembinaan sekaligus pengawasan,” ujar Dwijoko. (ar/rud/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU