alexametrics
31C
Probolinggo
Friday, 22 January 2021

BLT-DD Tahap 4 di Kab Probolinggo Tunggu Nota Dinas

KRAKSAAN, Radar Bromo – Penyaluran Bantuan Langsung Tunai bersumber dari Dana Desa (BLT-DD) kini masuk penyaluran tahap 4. Di tahap ini Keluarga Penerima Manfaat (KPM) harus sedikit bersabar. Pasalnya penyaluran bantuan ditunda sebab masih menunggu Nota Dinas Bupati.

Kasi Perencanaan dan Evaluasi Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Probolinggo Farhan Hidayat mengatakan, penyaluran bantuan periode berikutnya akan digabung. Sebab penyaluran bantuan kepada KPM harus selesai pada akhir tahun.

“Penyaluran periode berikutnya yakni tahap 4, 5, dan 6 nantinya akan digabung karena waktunya sudah mepet. Makanya kami upayakan pemberiannya sekaligus. Saat ini sedang diproses dan menunggu nota dinas Bupati turun untuk melaksanakan penyaluran,” ujarnya.

Farhan mengatakan bahwa ada beberapa desa yang telah menyalurkan bantuan tahap keempat. Sehingga nantinya pemberian bantuan yang akan digabung adalah tahap 5 dan 6. Pelaksanaannya pun akan dilakukan secara bertahap. Penyaluran sedianya akan dirampungkan segera sebelum tahun 2020 berakhir.

“Ada sekitar 10 desa yang sudah meyalurkan bantuan tahap keempat. Jadi nanti yang disalurkan sisanya yang menjadi hak KPM akan diberikan sekaligus,” katanya.

Menurutnya, pemberian bantuan yang dilakukan sekaligus juga memiliki keuntungan lantaran nominal yang diberikan lebih banyak. Jumlah uang tersebut dapat dimanfaatkan KPM untuk membeli kebutuhan saat pandemi dengan kuantitas yang lebih banyak.

“Sudah diatur jika tahap ke 4, 5, 6 sekali penyaluran Rp 300.000. Jadi, kalau diberikan sekaligus jumlahnya lebih banyak. Ini bisa dibelanjakan sekaligus untuk stok kebutuhan selama pandemi,” ungkapnya.

Pihaknya memprediksikan bahwa penyaluran BLT-DD pada KPM, baru bisa dilaksanaka pada pekan ketiga di bulan Desember. Sebab harus ada beberapa tahapan lagi yang harus ditempuh hingga benar-benar bisa tersalurkan.

“Pekan ketiga Desember bisa disalurkan dan akhir Desember tuntas. Tetapi kami upayakan secepatnya disalurkan agar segera bisa dimanfaatkan,” ujar Farhan. (ar/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU