Terlilit Utang, Pemuda asal Lumbang Ini Nekat Jambret HP  

MAYANGAN, Radar Bromo– Arman Tomi Frendira, 21, warga Dusun Mendek, DesaTandonsentul, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, ditangkap Satreskrim Polres Probolinggo Kota. Selasa (28/7) siang, ia ditangkap lantaran terlibat dalam aksi pejambretan di Jalan dr. Mohamad Salah, Kota Probolinggo.

Kasatreskrim Polres Probolinggo Kota AKP Heri Sugiono mengatakan, Arman terlibat aksi pejambretan handphone (HP) milik Aminatus Soleha, 21, warga Desa Tarokan, Kecamatan Banyuanyar, Kabupaten Probolinggo.

Rabu (1/7) malam, Arman beraksi bersama temannya yang berinisial DM dan masih buron. “Arman ini yang nyetir sepeda motor jenis Honda Beat. Sedangkan, DM bertugas mengeksekusi. DM yang juga warga Lumbang masih kami buru dan ditetapkan dalam DPO (Daftar Pencarian Orang),” ujarnya.

Heri menjelaskan, Rabu (1/7) sekitar pukul 21.00, korban bersama temanya Grace Lucyana, 17, warga Kelurahan Jati, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, berboncengan mengendarai sepeda onthel dari utara di Jalan dr. Mohamad Saleh Kota Probolinggo. Sesampai di depan SDN Sukabumi, korban dipepet kedua pelaku hingga berhenti.

Tanpa basa basi, pelaku mengambil HP milik korban yang diletakan di keranjang depan sepeda onthel-nya. “Korban sempat berteriak, tapi karena sepi atau tidak ada orang, akhirnya korban ke Polresta untuk melapor,” jelas Heri.

Dari hasil penyelidikan, akhirnya Arman berhasil ditangkap di sekitar Pasar Lumbang, Kabupaten Probolinggo. Saat itu Arman kedapatan telah menjual barang buktinya seharga Rp 1 juta. Namun, ia kemudian diamankan polisi berikut barang buktinya. “Ia mengaku melakukan aksi ini hanya satu kali dan uangnya untuk membayar utang,” ujar Heri

Karena perbuatannya, kini Arman disangka melanggar pasal 363 ayat (1) KUHP. Dia terancam hukuman selama 7 tahun penjara. (rpd/rud)