Perkara Korupsi Retribusi Pasar Tunggu Jadwal Sidang

KANIGARAN, Radar Bromo – Kasus korupsi retribusi Pasar Baru Kota Probolinggo dengan tersangka Slamet Riyanto, 50, telah dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Surabaya. Namun, sejauh ini jadwal persidangannya belum ditentukan. Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Probolinggo masih terus menunggunya.

Kasi Pidsus Kejari Kota Probolinggo Ciprian Caesar mengatakan, pelimpahan kasus korupsi dengan tersangka Slamet Riyanto sudah dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Surabaya, sepekan lalu. “Sudah kami limpahkan. Jadi, kami masih menunggu jadwal sidang,” ujarnya.

Disinggung mengenai keterlibatan pihak lain, Ciprian mengatakan, hal itu menjadi kewenangan penyidik dari kepolisian. Diketahui, kasus ini sebelumnya diproses di kepolisian dan dilimpahkan ke Kejaksaan. “Saya hanya sebagai jaksa penuntut umum,” ujarnya.

Diketahui, Slamet disangka mengorupsi retribusi Pasar Baru, terhitung mulai 2013-2017. Kasus ini diselidiki penyidik Tipikor Polres Probolinggo sejak 2017. Namun, berkas pekara pegawai negeri sipil di Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan, dan Perindustrian (DKUPP) Kota Probolinggo itu baru lengkap dan dilimpahkan untuk tahap kedua Selasa (10/3). Dalam kasus ini, Slamet disangka telah menyebabkan kerugian negara Rp 118 juta. (rpd/rud/fun)