Curi Aki Truk Pabrik Jamur di Purwodadi, Sopir asal Gending Dibekuk

PURWODADI, Radar Bromo – Sebagai seorang sopir truk, apa yang dilakukan Suyanto, 43, asal Desa Pikatan, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo, ini cukup nekat. Ia membawa kabur dua aki truk di pabrik jamur PT Eka Timur Raya (ETIRA), Desa Lebakrejo, Kecamatan Purwodadi.

Walhasil, bukan keuntungan yang didapatnya. Yang ada, kini harus merasakan pengapnya tahanan. Sebab, aksi pencuriannya itu berhasil dipergoki sekuriti pabrik setempat.

“Aksi pencurian dua aki truk ini terjadi pada Sabtu (28/3) sekitar pukul 05.30. Pelaku sendiri ditangkap sekitar pukul 10.00,” jelas Kapolsek Purwodadi AKP Sumarno.

Aksi pencurian itu terungkap usai sekuriti piket pabrik setempat yang tengah patrol, mendapati dua aki truk hilang. Padahal, truk itu diparkir di area pabrik.

Saat itulah, petugas melakukan pemeriksaan ketat pada orang yang keluar pabrik. Saat pelaku Suyanto mengantre untuk membawa jerami, ia dihentikan di pos sekuriti, lalu diminta turun.

Saat itu, sekuriti juga mendatangkan anggota Reskrim Polsek Purwodadi. Saat itulah, pelaku mengakui perbuatannya. “Pelakunya hanya satu orang. Akinya tak sempat terjual karena lebih dulu ketahuan aksi pencuriannya,” terang Sumarno.

Selain mengamankan pelaku, polisi juga mengamankan dua aki truk, serta 1 tang dan 2 kunci pas yang digunakan untuk melepas aki truk. “Atas perbuatannya, pelaku kami jerat pasal 363 KUHP. Ancaman hukuman maksimalnya tujuh tahun penjara,” tuturnya. (zal/mie)