Siramkan Bubuk Kopi, Pemuda Liprak Kulon Curi HP di Konter

GENDING, Radar Bromo – Aksi Irfan Efendi, 20, mencuri handphone (HP) terbilang nekat. Pemuda asal Desa Liprak Kulon, Kecamatan Banyuanyar, Kabupaten Probolinggo, ini menyiramkan bubuk kopi ke arah mata karyawan sebuah konter di Desa Sebaung, Kecamatan Gending, Rabu (29/1) siang. Namun, aksinya gagal lantaran karyawan itu berteriak minta tolong.

Kapolsek Gending AKP Ohim mengatakan, pencurian itu terjadi pukul 13.20. Pelaku datang sendirian mengendarai sebuah motor matik warna putih hijau nopol B 6017 PWE yang ditutup dengan lakban warna hitam. Kemudian, pelaku masuk ke konter di Desa Sebaung itu.

“Pelaku masuk dan berkeliling seolah-olah akan membeli HP. Beberapa HP pun sempat dilihatnya. Saat itu ada seorang karyawan yang melayaninya,” ujarnya.

Namun, saat kondisi sedang lengang, tiba-tiba pelaku menyiramkan bubuk kopi yang dibawanya ke arah muka dan mengenai mata karyawan konter itu. Lantas pelaku mencuri sebuah HP Oppo dan berusaha kabur dengan motornya.

“Setelah menyiramkan bubuk kopi, pelaku mencoba kabur. Namun, karyawan konter berteriak dan teriakan itu didengar oleh pemilik konter,” tuturnya.

Saat itu juga, pemilik konter keluar mengejar pelaku. Pelaku berhasil ditarik rambutnya, lantas pemilik konter berteriak minta bantuan warga. Dengan cepat, warga sekitar pun datang ke lokasi dan mengamankan pelaku. Tak lama kemudian personel Polsek Gending datang ke lokasi untuk mengamankan pelaku dari amukan massa.

“Kami amankan pelaku khawatir jadi korban amukan massa karena warga sudah banyak berkumpul,” tandasnya.

Petugas juga mengamankan barang bukti berupa satu unit handphone merek OPPO A9 2020 Tipe CHP 1937 warna hijau laut, beserta dusbook. Satu unit motor Honda Beat warna putih hijau nopol B 6017 PWE.

Lalu, sebuah plastik bening berisi sisa bubuk kopi, tas gendong warna hitam merek Palazzo, jaket warna abu-abu merah bertuliskan ARMY, dan sebuah lakban warna hitam. Akibat kejadian tersebut, pelapor mengalami kerugian sebesar Rp. 3.699.000. (ar/hn)