alexametrics
26.4 C
Probolinggo
Thursday, 3 December 2020

Pulang Kampung, Pencuri Genset di Balai Desa Bulujaran Lor Diciduk

TEGALSIWALAN – Pelaku pencurian genset di kantor Desa Bulujaran Lor, Kecamatan Tegalsiwalan, Kabupaten Probolinggo, akhirnya terungkap. Kamis (27/9), Polsek Tegalsiwalan membekuk Moch. Zainullah, 19, warga Sabtuan, Desa Bulujaran Lor, Kecamatan Tegalsiwalan.

Tersangka ditangkap di rumahnya, setelah lari ke Surabaya. Saat dibekuk, tersangka tidak dapat berkutik saat ditunjukkan barang bukti genset yang dicurinya.

Kasat Reskrim Polres Probolinggo AKP Riyanto menuturkan, pencurian genset di kantor Desa Bulujaran itu terjadi pada 12 September. Hasil dari penyelidikan, Polsek Tegal Siwalan berhasil menemukan barang bukti genset milik kantor desa.

”Dari temuan barang bukti genset itu, kami lakukan pengembangan dengan mencari tersangka Zainullah. Tersangka Zainullah sempat lari keluar kota. Nah, saat ada informasi tersangka pulang, kami langung menangkapnya,” katanya, Jumat (28/9).

Kasus pencurian itu, dikatakan Kasat Reskrim, terjadi sekira pukul 01.00. Saat itu, situasi kantor Desa Bulujaran Lor sedang sepi. Tersangka sendirian memanjat pagar depan kantor desa. Kemudian, memasuki salah satu ruang di kantor desa. Di ruangan ini, tersangka merusak salah satu teralis jendela untuk digunakan mencongkel pintu ruangan.

Karena tidak bisa terbuka, akhirnya tersangka membuka semua teralis jendela dan masuk ke ruangan itu melewati jendela. Di ruangan itu, tersangka lantas menggondol genset yang ada.

”Tersangka lantas keluar dengan memanjat pagar kantor desa. Tapi, sebelumnya genset itu diletakkan di atas pagar. Kemudian tersangka membawa genset tersebut dengan cara memanggul. Mesin genset lantas disembunyikan di sebuah rumah kosong dekat rumahnya,” terangnya.

Berdasarkan penyelidikan, tersangka menggadaikan genset tersebut ke seseorang yang tidak diketahui namanya dengan harga Rp 500.000. Tersangka lantas menggunakan uang tersebut sebagai ongkos ke Surabaya melarikan diri dan bekerja di sana selama seminggu.

“Kebetulan, tersangka ini pengangguran dan kerja serabutan. Tersangka kami jerat dengan pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan. Ancaman hukumannya maksimal 7 tahun penjara,” tegasnya. (mas/hn)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Pavingisasi Belakang Terminal Pandaan Digarap Tanpa Papan Proyek

Pavingisasi jalan di belakang Ruko Terminal Pandaan, Kabupaten Pasuruan, sudah sepekan digarap.

Pandemi Pengaruhi Investasi Masuk di Kab Pasuruan

Hingga akhir November, target investasi di Kabupaten Pasuruan belum terpenuhi.

Pagi Ini Presentasi-Penilaian Lomba Karya Tulis Kampung Hebat

Usai presentasi, akan dibuktikan dengan kunjungan lapangan yang digelar pada 4, 5 dan 7 Desember.

PNS Pemkab Pasuruan Kendat, Pernah Ajak Istri Minum Baygon

Peristiwa nahas ini diketahui pertama kali oleh istri korban sekitar pukul 07.30.

Diduga Ngantuk, Pasutri Tabrak Truk Parkir di Kraton, Suami Tewas

Siang itu pasutri itu dari Polres Pasuruan untuk mengurus SKCK dan berencana pulang