Mantan Sekda Kota Probolinggo Dilaporkan ke Polisi soal Penipuan CPNS

MAYANGAN, Radar Bromo – Mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkot Probolinggo Bambang Agus Suwignyo, dituding telah melakukan penipuan perekrutan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkot Probolinggo. Karenanya, orang tua korban yang berinisial KM mengadukan mantan kepala Dinas Kesehatan Kota Probolinggo, itu ke Polres Probolinggo Kota.

Kasat Reskrim Polres Probolinggo Kota AKP Heri Sugiono mengatakan, pada 30 Maret 2020, pihaknya menerima pengaduan dari korban berinisial KM. Ia mengadukan Bambang Agus atas dasar penipuan.

Menurut Heri, mulanya, pada 2018 anak KM hendak mendaftarkan diri sebagai calon PNS di lingkungan Pemkot Probolinggo. Mengetahui itu, teradu yang saat itu menjabat sebagai Sekda Pemkot Probolinggo menawarkan diri agar melalui dirinya, dengan cacatan membayar sejumlah uang.

“Jadi, pada saat anaknya (KM) mau daftar PNS ditawari lewat dirinya (Bambang Agus). Hanya saja dimintai sejumlah uang. Mulanya sekitar Rp 25 juta diberikan langsung kepada yang bersangkutan (Bambang Agus), selanjutnya Rp 150 juta dan Rp 30 juta diberikan lewat orang ketiga,” jelas Heri. Namun, Heri tak menyebutkan tanggal berapa penyerahan uang secara bertahap tersebut.

Usai membayar uang dengan total Rp 205 juta, rupanya anak KM tidak lolos tes seleksi. Sehingga, tidak diterima menjadi PNS. Karenanya, KM mengadukan Bambang Agus ke Polresta. Mendapati pengaduan itu, Heri mengaku sudah melakukan penyelidikan dengan memeriksa sejumlah saksi. Serta, mengundang Bambang Agus untuk diklarifikasi. Namun, dua kali diundang, yang bersangkutan tidak hadir.

“Rabu depan (3/6) kami akan undang lagi untuk yang ketiga kalinya. Karena ini sifatnya undangan, perkara hadir atau tidak juga tidak masalah,” ujarnya. Namun, kata Heri, jika undangan kali ketiga teradu tidak datang, pihaknya akan menaikkan proses penyelidikan ke penyidikan. “Jika dalam proses ini (penyidikan) dua kali dipanggil tidak datang, maka kami akan panggil paksa,” jelasnya.

Kemarin, Jawa Pos Radar Bromo berusaha menemui Bambang Agus untuk mendapatkan keterangan. Namun, didatangi ke rumahnya di Jalan K.H. Syafi’i RT 02/RW 03 Kelurahan Jrebeng Kidul, Kecamatan Wonoasih, Kota Probolinggo, kediamannya sepi. Ketika dihubungi melalui sambungan selulernya, tidak aktif. Karenanya, sampai berita ini ditulis tadi malam, yang bersangkutan belum berhasil dikonfirmasi. (rpd/rud)