Warga Ngemplakrejo Ini Nekat Mencuri demi Punya Smartphone

PANGGUNGREJO, Radar Bromo – Dwi Budi Satriyo, 37, warga Kelurahan Ngemplakrejo, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan, harus mendekam di balik jeruji besi. Itu, setelah pria yang kesehariannya bekerja sebagai nelayan ini diamankan oleh Unit Reskrim Polsek Purworejo karena telah mencuri smartphone.

Tersangka dibekuk Selasa (26/5) sekitar pukul 11.00 di rumahnya karena telah mencuri smartphone milik Firman Arif, 23, warga Desa Kawisrejo, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Pasuruan. Dari tangan tersangka, polisi berhasil mengamankan dua buah handphone buatan Tiongkok warna biru dan warna putih.

Kasubbag Humas Polres Pasuruan Kota AKP Endy Purwanto mengungkapkan, aksi pencurian ini dilakukan Kamis (21/5) sekitar pukul 23.00. Saat itu korban datang ke rumah mertuanya di Jalan Panglima Sudirman, Kampung Lemah Arab Gang 6, Kelurahan/Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan dan menginap di tempat tersebut. Selanjutnya, korban menaruh kedua smartphone miliknya di sampingnya saat tidur.

Ternyata, keesokan harinya sekitar pukul 06.00 saat ia bangun, kedua smartphone tersebut sudah hilang dan pintu belakang dalam kondisi terbuka. Korban lantas melaporkan kejadian ini ke Polsek Purworejo. Unit Reskrim Polsek langsung melakukan penyelidikan pada kejadian ini. Selang empat hari, tersangka berhasil diamankan beserta barang bukti handphone tersebut.

Berdasarkan keterangan tersangka, ia melakukan pencurian pada Jumat (22/5) sekitar pukul 01.30. Pelaku masuk ke tempat kejadian melalui pintu belakang yang tidak terkunci dan selanjutnya mengambil kedua handphone tersebut. Akibat kejadian ini, korban mengalami kerugian sekitar Rp 5.000.000.

“Pengakuan tersangka karena ia tergiur dengan smartphone yang dimiliki oleh korban. Ia dikenakan pasal 363 KUHP tentang Pencurian, dengan ancaman hukuman pidana tujuh tahun,” sebut Endy. (riz/fun)