Jalani Separo Hukuman, Eks Anggota DPRD Kab Probolinggo Kadir Bebas

BESUK, Radar Bromo – Abdul Kadir, mantan anggota DPRD Kabupaten Probolinggo yang juga mantan narapidana kasus ijazah palsu akhirnya bisa menghirup udara bebas. Berkat program asimilasi yang diberikan Rutan Kelas IIB Kraksaan, Kadir bebas, Selasa (26/5) dan langsung pulang ke rumahnya.

Hal itu dibenarkan kuasa hukumnya, Hosnan Taufik. Menurutnya, Kadir bebas dari tahanan pukul 17.00, Selasa (26/5). Ia bebas dengan program asimilasi. “Kadir bebas karena asimilasi. Dan saat ini dia berada di rumahnya,” katanya.

Kebebasan Kadir ini merupakan kebahagiaan tersendiri bagi keluarganya. Menurutnya, saat ini Kadir telah menjalani hukuman selama separo dari vonis yang diberikan hakim. Yaitu, delapan bulan. Sisanya, akan dijalani di rumahnya.

“Yang bersangkutan sudah menjalani separo masa hukuman. Jadi, tinggal separo lagi dan dijalani di rumahnya,” ungkapnya.

Kadir sendiri tidak berkenan diwawancarai karena dikhawatirkan takut menyalahi program asimilasi yang diberikan negara. Selama di rumahnya, mantan anggota DPRD Kabupaten Probolinggo itu memilih diam. “Menemui tamu juga tidak berkenan,” terang Hosnan.

Tetapi, lanjut Hosnan, Kadir berpesan agar pelaku yang terlibat dalam kasus ijazah palsu yang menyeret dirinya segera ditangkap. Sebab, dalam kasus ijazah palsu ini Kadir hanyalah pengguna. Masih ada pembuat dan perantaranya.

“Kadir merasa kepolisian tebang pilih dalam kasus ini. Penyelidikan pada kasusnya berjalan cepat. Sementara pihak lain belum juga ditetapkan sebagai tersangka. Padahal, bukti sudah jelas,” katanya. (sid/hn)