Edarkan Pil Koplo, Polisi Amankan Pemuda asal Purwodadi

GEMPOL, Radar Bromo – Nekat menjual pil koplo, Hermansyah, 25, pemuda asal Desa Semut, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan, harus mendekam di sel tahanan Mapolsek Gempol. Minggu (26/1), sekitar pukul 15.30, ia dibekuk polisi ketika hendak jual pil koplo.

Tersangka tertangkap di teras sebuah warung sate Desa Ngerong, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan. “Pelaku kami amankan karena didapati mengedarkan sediaan farmasi berupa pil koplo. (Barangnya) telah dipesan oleh seseorang atau hendak transaksi, kemudian diamankan tim Buser,” ujar Kapolsek Gempol Kompol Maryono.

Bersama tersangka, polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti. Di antaranya, ada 40 butir pil koplo, uang Rp 100 ribu, dan satu unit handphone. Ada juga satu unit motor Honda Beat putih bernopol N 4281 TDD. Kini, tersangka dan barang buktinya diamankan di Mapolsek Gempol.

“Pengakuan pelaku saat diperiksa penyidik, menggeluti pil koplo sudah enam bulan terakhir. Katanya, untuk dikonsumsi sendiri sekaligus dijual. Dia dapat barang dari seorang pengedar asal Pasrepan,” ujarnya.

Karena perbuatannya ini, Hermansyah disangka melanggar pasal 197 subsider pasal 196 UU RI Nomor 36/2009 tentang Kesehatan. (zal/rud/fun)