Curi Pompa Air, Warga Sedarum Terancam 7 Tahun Penjara

NGULING, Radar Bromo – Warga Desa Sedarum, Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan, Ridwan, 37, kini harus menjalani hari-harinya di balik jeruji besi. Dia diringkus anggota Polsek Nguling, setelah disangka melakukan pencurian.

Polisi menangkapnya setelah mengintai gerak-gerik tersangka selama dua bulan. Tersangka beraksi di rumah Mistam, 46, warga Desa Wotgalih, Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan, pada 25 November 2019. Menjelang tengah malam, tersangka menggondol satu unit mesin pompa air.

Atas laporan itu, polisi bergerak menyelidiki pelaku. Sebenarnya, identitas pelaku juga sudah diketahui, tidak lama setelah korban melaporkan pencurian. Namun, pelaku terbilang licin dalam menghindari intaian polisi.

“Setelah itu anggota Polsek Nguling mengintai pelaku yang sedang bertamu di rumah temannya di Desa Randuati,” ujar Kasubbag Humas Polres Pasuruan Kota, AKP Endy Purwanto.

Mendapati kedatangan petugas yang secara mengejutkan membuat Ridwan tak mampu mengelak. Ia akhirnya diringkus. Polisi juga mendesaknya untuk menunjukkan barang yang dicurinya. “Mesin pompa air senilai Rp 3 juta yang dicuri pelaku sudah diamankan. Termasuk motor Honda Revo yang dipakai pelaku saat mencuri dijadikan barang bukti,” ujar Endy.

Saat ini, Ridwan ditahan di sel Mapolsek Nguling. Dia disangka melanggar pasal 363 KUHP tentang Pencurian. Ancaman hukumannya paling lama 7 tahun penjara. (tom/rud)