Pencuri asal Trajeng Tepergok saat Mau Jual Peralatan Tukang Curian

BUGUL KIDUL, Radar Bromo – Sunandar, 39, warga Jalan Kalimantan, Kelurahan Trajeng, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan, kini harus menghabiskan hari-harinya di balik jeruji besi. Itu, setelah pria yang kesehariannya diketahui bekerja sebagai kuli bangunan ini nekat mencuri peralatan tukang pada Jumat (20/3).

Aksi itu diketahui terjadi sekitar pukul 05.00. Dini hari itu, Ali Bakir, 59, warga Jalan Pattimura, Kelurahan/Kecamatan Bugul Kidul, Kota Pasuruan, pulang ke rumahnya untuk menunaikan ibadah salat Subuh.

Saat itu, ia melihat sejumlah peralatan tukang miliknya sudah raib. Ia lantas mencari keberadaan pelaku dengan menelusuri di sekitar pelabuhan di tempat jual beli barang bekas.

Saat itu ia melihat seorang pria datang menawarkan satu buah bor mesin warna oranye pada salah satu pedagang barang bekas, Santoso, warga Jalan MT Haryono, Kelurahan Mandaranrejo, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan. Dan ketika didekati, ternyata bor mesin tersebut adalah miliknya yang telah hilang.

Kemudian tersangka mengaku terus terang bahwa dirinya yang mencurinya. Dan Sunandar mnunjukkan barang-barang lainnya yang juga dicuri yang masih disimpan di rumahnya. “Namun, ketika berada di rumah tersangka pamit keluar sebentar, namun tidak kembali,” ujar Kasubbag Humas Polres Pasuruan Kota AKP Endy Purwanto.

Dari kejadian tersebut, korban melapor ke Polsek Bugul Kidul. Tak berselang lama, Unit Reskrim bersama Anggota Polsek Bugul Kidul melakukan penangkapan terhadap Sunandar.

Sunandar sendiri akhirnya ditangkap di Jl. Sulawesi, Kelurahan Trajeng, Kecamatan Panggungrejo, Pasuruan. Selain mengamankan pelaku, polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti. Di antaranya sejumlah peralatan pertukangan.

Endy menegaskan, pelaku dijerat pasal 363 KUHP tentang Pencurian. Ancaman hukuman pidananya, maksimal mencapai tujuh tahun penjara.

“Korban berhasil memergoki pelaku saat pelaku hendak menjual pelataran tukang miliknya. Kini pelaku sudah kami amankan di tahanan Mapolsek Bugulkidul,” terang Endy. (riz/mie)