alexametrics
29C
Probolinggo
Tuesday, 26 January 2021

Curi Helm di Jalan A Yani, Residivis asal Condong Gading Dimassa

MAYANGAN,Radar Bromo – Pernah dipenjara karena kasus kriminal, tak membuat Imam Al Ghazali, 41, jera. Sabtu (22/8), residivis asal Desa Condong, Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo, itu dimassa setelah ketahuan mencuri helm.

Sekitar pukul 08.30, Imam mencuri helm milik warga Desa Kalirejo, Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo, Ida, 38. Saat itu, Ida sedang bersenam di tempat senam di Jalan A. Yani, Kelurahan Sukabumi, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo. “Yang diambil helmnya pengunjung yang senam,” ujar saksi, Agus, 18.

Seorang juru parkir itu mengaku sempat merekam perbuatan Imam. Awalnya, Imam yang mengendarai motor mendekati sepeda motor milik korban. Curiga, dari kejauhan Agus merekam menggunakan kamera handphone-nya.

Rupanya, kecurigaan Agus benar. Imam beraksi. Ia mengambil helm milik Ida dan langsung berusaha kabur. Mendapati itu, Agus meneriaki maling dan mengejarnya. Teriakannya berhasil mengundang perhatian warga dan ikut berusaha menangkap Imam. Begitu tertangkap, warga yang tidak sabar menghadiahinya dengan bogem mentah. “Tidak lama setelahnya ada petugas Polsek Mayangan. Pelaku dibawa ke Polsek Mayangan,” ujar Agus.

Kepada penyidik, Imam mengaku pernah melakukan hal yang sama. Bahkan, pada 2012 pernah dipenjara selama setahun karena menjambret di Perempatan Brak Kota Probolinggo. Ia mengaku mencuri untuk memenuhi kebutuhan rumah tangganya.

“Dulu pernah juga ambil helm di Jalan Gatot Subroto. Juga dimassa. Tapi, karena pemilik helm yang saya curi masih saudaranya istri, akhirnya damai. Saya juga pernah ditembak akibat menjambret di Brak dan dihukum satu tahun,” ujar Imam kepada penyidik di Mapolsek Mayangan.

Kanit Reskrim Polsek Mayangan Ipda Mugi mengatakan, Imam melanggar pasal 362 KUHP. Namun, karena kerugiannya kurang dari Rp 2.5 juta, korban meminta kasus ini diselesaikan secara kekeluargaan. “Lantaran kerugian di bawah Rp 2,5 juta, maka korban minta kekeluargaan,” ujarnya. (rpd/rud/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU