Embat Duit Nasabah Koperasi Surya Kencana, Warga Malang Dibekuk

GEMPOL, Radar Bromo – Sebagai mantri lapangan koperasi, apa yang dilakukan Afriyanto Priyo Prayugo, 29, ini tidak amanah. Pria asal Desa Sitirejo, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang, ini malah mengembat duit nasabahnya.

Walhasil, kini Afriyanto ditahan di sel tahanan Mapolsek Gempol. “Pelaku dulunya kerja di Koperasi Surya Kencana (di Dusun Melik’an, Desa Kejapanan, Gempol), sebagai mantri lapangan. Uang nasabah medio November 2019 hingga Januari 2020, sekitar Rp 13 juta, mestinya disetorkan ke koperasi. Tapi, malah diembatnya,” ujar Kapolsek Gempol Kompol Maryono.

Awalnya, perkara tersebut hendak diselesaikan secara kekeluargaan. Namun, pelaku disebutkan kapolsek tak merespons. Malah, pelaku keluar dari pekerjaannya tanpa pamit.

Dari situ, manajemen koperasi pilih jalur hukum dan melaporkan kejadian tersebut ke Mapolsek Gempol. Petugas polsek pun lantas menangkap pelaku.

Menurut keterangan Afriyanto, duit nasabah itu sudah habis digunakan untuk pemenuhan kebutuhan sehari-harinya. “Barang bukti buku catatan sejumlah setoran nasabah, juga kami amankan. Kasusnya kini dalam proses penyidikan. Untuk pelakunya, dijerat dengan pasal 374 atau 372 KUHP. Ancaman maksimalnya, empat tahun penjara,” ujarnya. (zal/mie)