Ada Temuan Ribuan Pil Koplo, Lapas Probolinggo Bakal Dirazia

MAYANGAN, Radar Bromo – Adanya paket pil koplo tak bertuan yang dilempar ke dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Probolinggo, menjadi perhatian serius aparat kepolisian. Satnarkoba Polres Probolinggo Kota menyatakan akan menggelar razia gabungan di Lapas.

Kasatnarkoba Polres Probolinggo Kota AKP Suharsono mengatakan, mengantisipasi terjadinya pelemparan barang haram itu, pihaknya berencana melakukan razia gabungan di Lapas. Menurutnya, pelemparan terjadi salah satunya karena ada akses komunikasi.

Disinggung kapan akan melakukannya, Suharsono mengaku masih akan berkoordinasi dengan Lapas. “Seperti bulan kemarin, kami akan adakan razia gabungan. Saya akan berkoordinasi dengan Kalapas yang baru terkait dengan waktunya,” ujarnya.

Selain itu, menurutnya, tindakan prefentif berupa patroli serta peran aktif masyarakat juga dibutuhkan. Sehingga, jika ada orang yang mencurigakan hendak melempar sesuatu ke Lapas, bisa langsung menghubungi kepolisian.

Diketahui sebelumnya, petugas Lapas Kelas IIB Probolinggo menemukan paket pil koplo siap edar. Paket terbungkus lakban hitam berisi 1.275 pil Dextro dan Trihexyphenidyl itu, ditemukan petugas jaga pada Minggu (19/1), pukul 18.30.

Dari catatan Lapas, tak hanya kali ini terjadi pelemparan narkoba ke Lapas. Tahun ini baru sekali, namun dua tahun lalu sempat terjadi enam kali pelemparan narkoba. Di antaranya, tiga kali paket sabu-sabu, dua kali pil dobel L, dan satu kali ganja kering. (rpd/rud)