Radar Bromo

Gembok Cakram Gagalkan Pencurian Motor di Jalan Citarum

KANIGARAN, Radar Bromo – Aksi pencurian sepeda motor kembali terjadi. Kali ini menyasar sepeda motor karyawan sebuah toko di Jalan Citarum, Kelurahan Curahgrinting, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo.

Motor Yamaha Mio yang diincar maling itu merupakan milik Jum, warga Desa Jorongan, Kecamatan Leces. Beruntung, motornya dilengkapi dengan gembok pada cakramnya, sehingga pelaku gagal menggondolnya.

Reni Agustin, 39, pemilik toko mengatakan, percobaan pencurian itu terjadi Rabu (20/11), sekitar pukul 14.00. “Posisi toko waktu itu tutup lantaran istirahat. Saya lihat motornya Jum kok ke tengah, kan kalau ada kendaraan lain mau lewat susah. Jadi saya tegur untuk memarkirkan motornya dengan baik,” ujarnya.

Ternyata Jum kaget melihat posisi motornya. Apalagi, lampu lighting-nya menyala. Selain itu, posisinya sudah berubah. Setelah ia melihat CCTV-nya, rupanya sekitar pukul 13.45, ada dua orang pria tidak dikenal yang berusaha mencuri motor Jum.

“Jadi, saya langsung cek CCTV. Saya lihat ada dua orang dengan satu motor, awalnya mereka masuk ke perumahan. Kemudian, kembali lagi. Satu orang bersiap di motornya depan gang dan satu lagi melakukan aksinya. Setelah kunci motornya dirusak dan dalam keadaan on, motor itu langsung dipindahkan pelaku. Karena digembok, pelaku akhirnya meninggalkannya,” jelas Reni.

Reni mengaku dengan peristiwa ini, pihaknya mengimbau masyarakat berhati-hati dalam menaruh kendaraannya. Lebih lagi jika perlu pasang gembok atau kunci ganda. “Kami tidak lapor polisi, hanya lapor RT. Lebih lagi motornya juga tidak kena. Namun, video percobaan curanmor tersebut sudah tersebar di media sosial,” ujarnya. (rpd/rud)