alexametrics
26.4 C
Probolinggo
Tuesday, 27 October 2020

Terlibat Jaringan Penipuan Online, 3 Warga Besuk Dibekuk

KRAKSAAN, Radar Bromo – Tiga orang yang merupakan jaringan penipuan online dibekuk petugas Polres Probolinggo. Mereka semua warga Kecamatan Besuk, Kabupaten Probolinggo. Dua di antaranya pasangan suami-istri (pasutri).

Ketiganya yaitu Andi, 31, warga Desa Alas Tengah. Sementara pasutri yang ditangkap yaitu, Muklis, 32 dan Ayu Sinta, 25, warga Sindet Lami.

Informasi yang dihimpun Jawa Pos Radar Bromo, ketiganya diamankan Kamis (17/9) malam. Mereka ditangkap di dua lokasi berbeda. Andi diamankan di rumahnya di Alas Tengah. Sedangkan Muklis dan Ayu diamankan di Kraksaan.

Kasat Reskrim Polres Probolinggo AKP Rizki Santoso mengatakan, ketiganya ditangkap karena diduga menipu Soleman, 60, warga Sulawesi Barat (Sulbar). Tak tanggung-tanggung, kerugian yang diderita korban mencapai Rp 400 juta lebih akibat penipuan oleh ketiganya.

Ketiganya pun diburu petugas Polda Sulawesi Barat. Untuk menangkap mereka. Polda Sulawesi Barat pun bekerja sama dengan Polres Probolinggo. Hingga akhirnya ketiganya tertangkap.

“Pelaku diamankan oleh petugas gabungan Reskrim Polres Probolinggo dan Reskrimsus Polda Sulawesi Barat. Ketiga pelaku diamankan di rumahnya,” katanya.

Dalam menipu korbannya, menurut AKP Rizki, ketiga pelaku mengaku sebagai pengurus koperasi online. Korban ditawari pinjaman uang. Namun, korban harus mentransfer sejumlah uang lebih dulu.

“Modusnya koperasi online. Jadi, korban ditawari pinjam uang. Namun, korban harus mentransfer sejumlah uang lebih dulu. Setelah korban mentransfer, uang yang dijanjikan dicairkan,” tuturnya.

Penipuan itu terjadi pada 2019. Saat itu korban tidak menaruh curiga sama sekali. Korban tertarik meminjam uang secara online pada pelaku. Dia pun mentransfer sejumlah uang agar pinjaman yang ditawarkan padanya bisa cair.

Setelah beberapa kali mentransfer uang pada pelaku, korban pun mendapat pencairan pinjaman seperti yang dijanjikan. Karena itu, korban pun percaya.

“Korban percaya karena setelah transfer, uangnya kembali lebih besar. Tetapi, menginjak pembayaran yang lebih tinggi, uangnya tidak kembali,” ungkap Rizki.

Rizki menduga, jaringan pelaku banyak. Karena itu, pihaknya melakukan pengembangan.

“Untuk pelaku ini mainnya di luar daerah. Jadi, yang ditipu bukan orang Jawa Timur, tetapi orang dari luar pulau,” tandasnya.

Saat ini ketiga pelaku telah dibawa ke Sulawesi Barat. Tujuannya, untuk diproses hukum lebih lanjut di Polda Sulawesi Barat. (sid/hn)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Usai Donor Darah, Bold Riders-Super Soccer Pasuruan Tanam Pohon

Tanaman kayu putih dipilih karena ini adalah tanaman obat.

Jualan Buah di Jl Juanda, Putri Polisi Dijambret, Ini Modusnya  

Korban melaporkan pelaku yang saat itu mengendarai sepeda motor Honda Vario merah.

Innalillahi, Pulang Kerja, PNS Pemkab Pasuruan Tewas Tertabrak Truk Tronton

Sore itu, Slamet Supriyanto hendak pulang ke rumahnya usai bekerja. Ia mengendarai motor Honda Vario bernopol N 2175 TBL dari arah utara ke selatan.

Kaliputih Sumbersuko Gempol Kembali Tercemar Busa Berlimpah

Kondisi sungai tercemar busa itu bukan kali ini terjadi. Pada pertengahan Agustus lalu, kondisi serupa juga pernah terjadi.

Komunitas Difabel Antusias Ikuti Donor Darah Bold Riders Probolinggo

Dalam aksi sosial ini, Difabel Motorcycle Indonesia (DMI) Probolinggo turut serta menjadi pendonor.